Riset: Jam 8.38 Pagi Saat Paling Rawan Ditabrak Kendaraan



Jam 08.38 pagi adalah waktu paling sering terjadi pejalan kaki ditabrak kendaraan. Data itu merupakan hasil survei perusahaan asuransi di Inggris seperti dikutip mailonline. Jam berikutnya yang paling rawan bagi pejalan kaki adalah jam 18.22, malam.

 

Survei tersebut menyimpulkan kecelakaan terjadi karena pejalan kaki pada saat itu tidak memperhatikan keadaan sekeliling. Mereka justru asyik menelepon, SMS, chatting, berinternet, main game, twitteran atau FB-an sehingga tidak sadar ada kendaraan mendekat.

Menurut temuan itu, satu dari setiap sepuluh penyeberang jalan sibuk dengan ponselnya padahal seharusnya mereka fokus melihat jalanan di kiri-kanan. Satu dari setiap delapan pejalan kaki bahkan tidak memutus telepon saat menyeberang jalan.

Di sisi lain, satu dari setiap lima pengemudi juga asyik dengan ponselnya saat berkendara, padahal mereka seharusnya hanya fokus ke jalan di depan.

Riset tersebut dilakukan dengan menghubungi 1.000 responden dan menggabungkannya dengan temuan dari tim riset yang disebar di berbagai penjuru Inggris seperti London, Birmingham, Glasgow, Cardiff dan Manchester.

Presiden perusahaan Asuransi AA, Edmund King, mengemukakan makin banyak klaim asuransi dari para pengemudi yang menyebut kecelakaan terjadi karena pejalan kaki asyik dengan ponsel dan tidak sadar ada kendaraan melaju di dekatnya.

Dia menambahkan "Kita tidak bisa menghentikan kemajuan teknologi, tapi saat kita dalam perjalanan dan mengggunakan peralatan genggam, otak kita tidak bisa konsentrasi sekaligus pada berbagai hal, artinya saat menyeberang, kita tidak mendengar suara kendaraan yang datang."

0 comments:

Post a Comment