Gunung Paling Berbahaya Didaki di Indonesia



Gunung Paling Berbahaya Didaki di Indonesia

1. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani ini adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah, gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia loh dengan ketinggian 3.726 m dpl. Tau nggak, kalau Rinjani gunung paling favorit bagi pendaki Indonesia karena pemandangannya yang sangat indah. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

2. Puncak Jaya atau Carstenz (Pegunungan Jayawijaya), Papua
Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstenz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Puncak ini pernah dinamai Poentjak Soekarno dan merupakan gunung yang tertinggi di Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Apalagi nih setiap tahun pasti diselenggarakan upacara Kasada di puncak Gunung Bromo. Nah, Bromo sendiri mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan diameter sekitar 800 meter (utara-selatan) dan kurang lebih 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

4. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Kalau ada yang belum tahu, sebenarnya Gunung Kelimutu ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Paling uniknya nih, gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Ajaib kan?

5. Gunung Semeru, Jawa Timur
Ada yang ingat film Gie? Kalau novel 5 cm? Kalau kalian pernah dengar nonton fim Gie ataupun baca novel 5 cm pasti pada tau kan Gunung Semeru. Nah, Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kalau kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Semeru itu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Posisi gunung ini terletak di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang.

0 comments:

Post a Comment