Ini Dia Gedung Paling Buruk di Dunia



Bangunan atau gedung seringkali jadi landmark sebuah destinasi yang menarik perhatian para wisatawan. Namun beberapa bangunan ini malah dinilai memiliki arsitektur buruk dan jadi yang paling jelek di dunia. Waduh!

Bentuk dan komposisi yang kerap membuat orang memiringkan kepala sambil mengerenyitkan dahi menjadi nilai kuat bangunan-bangunan ini jadi yang terburuk di dunia. Meski aneh dan tidak sedap dipandang mata, namun bangunan-bangunan ini masih saja dicari wisatawan karena beberapa pertimbangan. Inilah 5 bangunan yang dinilai paling jelek di dunia, menurut Huffington Post:

1. The Obelisk, Peru
Ini Dia Gedung Paling Buruk di Dunia
The Obelisk, Peru

Menara tunggal terbuat dari kaca dan batu menjulang di Kota Puerto Maldonado, Peru. Bangunan ini memiliki 3 gaya seni yang berbeda namun tidak saling berkesinambungan. Hal inilah yang membuat The Obelisk sebagai salah satu bangunan terburuk di dunia.

Bagian bawahnya bertema sederhana sedangkan bagian tengahnya terlihat bergaya futuristik. Belum cukup dengan tabrakan dua gaya berbeda, bagian atasnya malah bertema Abad Pertengahan. Menara dengan 5 lantai ini memiliki panorama indah dari puncaknya. Dari sini, turis bisa menikmati pemandangan perkotaan juga hutan Peru. Meski terlihat jelek, namun menara ini memiliki sajian yang cantik.

2. Gedung Portland, Oregon
Ini Dia Gedung Paling Buruk di Dunia
Gedung Portland, Oregon

Portland di Oregon, AS memiliki gedung pemerintahan yang sangat membosankan. Biasanya, gedung pemerintahan identik dengan potongan yang kaku, kaca yang sempit dan warna yang pucat. Sialnya, Gedung Portland memiliki semua ciri tersebut.

Gedung pemerintahan ini berbentuk kotak dengan warna krem dan merah ri tengahnya. Ini dilengkapi dengan kaca-kaca kecil yang menghias gedung. Lalu, ada lobi yang cukup cantik sebagai sajian pembuka yang menyenangkan, sebuah ciri klasik dari gedung-gedung pemerintahan. Tak lupa, pepohonan hijau yang berada di depan bangunan menjadi syarat wajib untuk menjadikannya sebagai gedung yang membosankan.

3. Gedung Secret Intelligence Service (SIS), Inggris
Ini Dia Gedung Paling Buruk di Dunia
Gedung Secret Intelligence Service (SIS), Inggris

Bayangan gedung agen rahasia yang futuristik dan keren langsung luruh seketika saat melihat Gedung Secret Intelligence Service (SIS) atau agen rahasia di London, Inggris. Alih-alih memiliki gedung dengan warna solid dan bentuk futuristik atau minimalis, Gedung SIS malah terlihat rumit.

Atapnya berundak-undak dengan beberapa bangunan lingkaran yang sulit dimengerti keindahannya. Gaya arsitektur yang terbilang abstrak ini juga dilengkapi dengan warna yang tidak menarik. Para agen rahasia London mau tak mau harus pasrah pergi ke kantor dengan warna pucat yaitu krem dan hijau toska.

4. Hotel Ryugyong, Korea Utara
Ini Dia Gedung Paling Buruk di Dunia
Hotel Ryugyong, Korea Utara

Korea Utara memang terkenal dengan kekakuannya. Salah satu yang mencerminkan Korea Utara adalah Hotel Ryungyong. Bangunan berbentuk segitiga dengan beberapa ujung lancip ini pun menorehkan sejarah sebagai gedung terburuk dalam sejarah umat manusia versi majalah Esquire.

Bangunan yang bertujuan menjadi sebuah hotel ini pun memiliki kisah yang cukup panjang. Pembangunan hotel ini berlangsung lebih dari 20 tahun dan hingga kini pun belum selesai. Karena belum juga kelar, tentu bagian dalam gedung ini pun jadi tak terawat. Inilah yang menjadikannya sebagai salah satu yang terjelek di dunia.

5. Gedung Fang Yuan, China
Ini Dia Gedung Paling Buruk di Dunia
Gedung Fang Yuan, China 

Tahun 2001, sebuah bangunan berbentuk koin China kuno selesai dibuat. Gedung Fang Yuan di Kota Shenyang, Provinsi Liaoning merupakan bangunan untuk perkantoran yang terdiri dari 25 lantai. bangunan ini lebih dianggap jelek dibanding dianggap unik.

Gedung berkeramik cokelat yang dipadu oleh kaca ini memang didesain persis seperti koin. Bagian tengahnya kotak yang dilapisi kaca sedangkan tepiannya, lingkaran juga dengan lapisan kaca.

0 comments:

Post a Comment