Bioskop Paling Aneh di Dunia



Deretan Bioskop Paling Unik di Dunia

Bioskop menjadi salah satu sarana hiburan yang paling digemari di dunia. Beragam film terbaru dirilis tiap minggu demi memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat. Karena itu pula, gedung-gedung bioskop di dunia memiliki standar desain, teknologi, estetika dan fasilitas tersendiri yang harus dipatuhi. Antara lain, toilet, counter snack, box office, dan tentu saja loket tiket.

Namun, standar dan estetika tersebut tidak selalu menutup kreativitas pemilik bioskop untuk berinovasi. Tujuannya jelas, yakni memenangkan persaingan dan menarik perhatian masyarakat untuk menonton di bioskop tersebut. Nah, berikut beberapa bioskop dari berbagai penjuru dunia yang mempunyai konsep unik.

1. ALAMO DRAFTHOUSE (USA)


Berisik ketika menonton, akan diusir.

Kamu sering terganggu dengan penonton-penonton yang sering menelepon atau ber-BBM-an ria ketika menonton film di bioskop? Well, Alamo Drafthousemenyediakan solusinya. Di sini, pihak bioskop melarang keras para penontonnya untuk datang terlambat, menggunakan ponsel, berbicara, dan melakukan hal-hal mengganggu lainnya ketika film sudah dimulai. Apabila nekat melanggar peraturan itu, pihak bioskop tidak segan-segan untuk mengusir.


Bioskop yang cocok untuk para 'movie geek'.

Tidak hanya itu, interior bioskop Alamo Drafthouse juga bernuansa ’film banget’ dengan beragam dekorasi yang bisa jadi hanya dapat dipahami keindahannya oleh para geek. Bahkan sebelum film dimulai, pihak bioskop tidak menampilkan trailer, promo atau iklan yang tidak ada hubungannya dengan film. Sebagai gantinya, mereka memutar film-film pendek ataupun film kartun klasik.

Ticket Admission: $10 (regular), $11 (3D)

2. GRAUMAN’S EGYPTIAN (Hollywood, USA)


Nuansa Mesirnya membuat bioskop ini tampak unik.

Bioskop ini didirikan pertama kali pada tahun 1921 oleh Sid Grauman. Salah satu gedung bioskop tertua di Amerika Serikat ini sekarang digunakan hanya untuk memutar film-film klasik Hollywood yang populer, seperti The Godfather, Citizen Kane, dan juga beberapa film indie serta art-house terbaru. Desain interiornya yang unik dan khas Mesir membuat bioskop yang satu ini sangat layak untuk dikunjungi, terlebih ketika kamu sedang jalan-jalan di Hollywood.


Film indie dan art-house juga diputar di sini.

3. TCL CHINESE THEATRE (Hollywood, USA)


Ornamen-ornamen di bioskop ini diimpor langsung dari China.

TCL Chinese Theatre, seperti namanya, memiliki desain interior yang mengusung tema China yang kental. Baik di bagian dalam bioskop maupun eksterior gedungnya dilengkapi dengan beragam ornamen dan artefak-artefak yang langsung diimpor dari China. Semenjak didirikan pada tahun 1927 oleh Sid Grauman, The Chinese Theatre menjadi salah satu bioskop paling terkenal di dunia.


Sempat dijadikan lokasi penyelenggaraan Academy Awards.

Bahkan sampai sekarang, bioskop ini sering kali digunakan untuk red carpet dangala premiere film-film besar Hollywood. Perhelatan Academy Awards juga pernah diadakan tiga kali di TCL Chinese Theatre.


Siapa tahu jejak aktor atau aktris Hollywood favoritmu ada di sini.

Bukan hanya itu. Di halaman luar bioskop, para pengunjung dapat menemui 200 balok semen yang telah dicap, diinjak dan ditandatangani oleh aktor-aktris terkenal Hollywood dari berbagai generasi sejak tahun 1920-an.

4. CINE DE CHEF (Seoul, SOUTH KOREA)


Cuma ada 30 kursi di dalam bioskop ini.

Kalau Indonesia memiliki The Premiere, maka Korea mempunyai Cine De Chef sebagai bioskop untuk kalangan atas. Studionya dilengkapi dengan proyektor serta sound system paling canggih. Isinya pun hanya memuat 30 kursi yang dibuat eksklusif oleh Quinette Gallay (perusahaan yang juga membuat kursi untuk anggota kerajaan United Arab Emirates) dengan biaya 7.300 dolar AS per kursi. Untuk memasuki area studionya saja, para penonton mesti melalui lift pribadi.


Menonton sambil menyantap kuliner Perancis dan Italia di bioskop Cine De Chef ini.

Tidak hanya itu, para penonton juga dimanjakan oleh hidangan makan siang dan malam ala Perancis atau Italia yang dimasak oleh chef jebolan Park Hyatt Hotel, salah satu hotel mewah di Seoul.

Ticket Admission : 60.000-100.000 Won (sudah termasuk paket main course-nya).

5. SOL CINEMA (South Wales, UK)


Bentuknya yang mini berkapasitas hanya delapan orang.

Sol Cinema diklaim sebagai bioskop ramah lingkungan bertenaga solar-systemterkecil di dunia. Bermarkas di South Wales, Sol Cinema hanya dapat memuatdelapan penonton dewasa di dalam satu studio, yang dari luar tampak sepertimini-trailer. Bioskop ini juga termasuk unik karena menggunakan sumber daya matahari untuk operasi sehari-hari, dan menyimpannya di generator khusus. Alhasil, bioskop tetap dapat beroperasi di malam hari.


Sol Cinema tidak memutar film-film komersial.

Sayangnya, Sol Cinema tidak memutar film-film komersial, melainkan beragam film-film pendek, komedi, dan music video. Walau begitu, asyiknya, para penonton juga dapat memutar film yang mereka bawa sendiri di dalam Sol Cinema. Meski terlihat kurang menjual, faktanya Sol Cinema selalu ramai pengunjung dan sering digunakan untuk festival film. Dan, uniknya lagi, Sol Cinema dapat “hidup” berpindah-pindah.

6. 4DX (Seoul, SOUTH KOREA)


Avatar menjadi film yang pertama kali diputar di bioskop ini dengan teknologi 4DX.

Teknologi 4DX dikembangkan oleh CJ CGV, jaringan bioskop terbesar di Korea. Teknologi ini pertama kali digunakan pada tahun 2009 untuk film Avatar besutan James Cameron. Meski teknologi 4D bukan hal baru lagi, namun penggunaan teknologi 4D untuk film komersial Hollywood, 4DX adalah yang pertama di dunia.


Siap-siap disemprot air merupakan tawaran bioskop 4D.

Setiap bioskop berteknologi 4DX akan memberi efek tambahan, seperti bau, asap, gelembung, cahaya, kabut, air, angin, hingga guncangan pada adegan-adegan tertentu ketika kita sedang menonton film berformat 3D dan juga 2D. Sekarang, bioskop 4DX telah membuka cabang di Rusia, China, Thailand, Jepang, Israel, Meksiko, Peru, Brazil dan Malaysia.

Beberapa film blockbuster yang sempat ditayangkan dalam format 4DX, antara lainHarry Potter and the Deathly Hallows Part 2, Transformers Dark of the Moon, Titanic, The Avengers, Life of Pi, Jack Reacher, dan The Hobbit: An Unexpected Journey.

Ticket Admission : 14000 Won

0 comments:

Post a Comment