Lima Negara Paling Kaya di dunia




Resesi yang menimpa negara-negara di seluruh dunia banyak berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran. Dengan kondisi begitu, masih banyak negara yang kuat dan menjadi lebih kaya.

Menurut data yang disusun International Monetary Fund (IMF) terdapat lima negara paling kaya di antara 50 perekonomian terbesar dunia berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. 

Berikut kelima negara paling kaya di dunia:

1. Singapura - US$ 61.567 per orang

Negara paling kaya di dunia ini mengalami pertumbuhan paling pesat dalam beberapa tahun terakhir. Singapura muncul sebagai pusat bisnis dan negara surga pajak. Menurut prediksi perusahaan risetWealthInsight, negara ini akan melangkahi Swiss sebagai pusat kekayaan luar negeri 2020 nanti. IMF memprediksi PDB per kapita meningkat hingga US$ 77.000 pada 2018.

2. Norwegia - US$ 56.663 per orang

Selain menjadi negara paling kaya di kawasan Eropa, Norwegia juga menempati urutan kedua di dunia. Hampir sama dengan Swiss, ekonomi Norwegia tetap bisa bertahan ditengah krisis hutang Eropa. Pada kuartal I 2013, produk domestik bruto negara meningkat 0,7% yang didominasi bisnis minyaknya. Ekonomi Norwegia diprediksi meingkat 2,75% tahun ini. Prediksi IMF, PDB per kapita pada 2018 nanti mendekati US$ 66 ribu.

3. Amerika Serikat (AS) - US$ 51.428 per orang

Semua investor dunia tahu AS. Meskipun mengalami pemulihan yang lambat akibat resesi berkepanjangan, rata-rata warga AS masih bisa hidup glamor. Berkurangnya 7,5% jumlah pengangguran membantu Amerika dan sektor perumahan yang meningkat membantu Amerika menumbukan ekonominya. 2018 nanti menurut prediksi IMF, PDB per kapita di AS bisa mencapai US$ 63 ribu.

4. Arab Saudi - US$ 49.883 per orang

Sebagian negara di Timur Tengah banyak meraup keuntungan dari bisnis minyaknya. Beberapa malah melakukannya dengan sukses dan sangat populer seperti Arab Saudi. Ekonomi negara tengah berkembang pesar terutama lewat sektor pariwisata. Investasi asing juga mendorong ekonomi Arab dengan lebih dari US$ 10 juta investasi pada 2011. IMF optimis PDB per kapita di Arab bisa mencapai lebih dari US$ 57 ribu hingga 2018.

5. Swiss - US$ 46.474 per orang

Di peringkat kelima adalah Swiss yang juga merupakan negara paling kaya nomor dua di Eropa. Ekonomi Swiss berkembang luar biasa. Jumlah produk domestik brutonya meningkat 3% di tahun 2010 dan diprediksi sebesar 0,9% pada 2012. 

Dibandingkan dengan Eropa, ekonomi Swiss jauh lebih stabil. Kekayaannya didapat dari keuntungannya sebagai negara surga pajak. IMF memprediksi PDB per kapita di Swiss bisa meningkat hingga lebih dari US$ 54.000 pada 2018 nanti.

Para investor juga menikmati bisnis di negara ini. Novartis, produsen obat-obatan di Swiss meraih perolehan saham yang sangat menonjol sebesar 45% tahun lalu dengan keuntungan US$ 2 miliar hingga US$ 3 miliar. Nestle juga meraih 20% saham tahun lalu. Investor juga punya kontribusi besar bagi kekayaan negara.

1 comments:

  1. ngaco nih, negara kaya dilihat dari devisanya bukan dari gaji penduduknya. lha swiss jumlah penduduknya sedikit begitu apa negaranya bisa kaya artinya apakah negaranya sanggup belanja apbn lebih banyak dari indonesia?????

    ReplyDelete