Masjid Paling Nyentrik di Indonesia




Rekan saya Herry Beng Koestanto baru saja mengunjungi Kota Malang dan singgah di masjid paling nyentrik se-Indonesia! Ia pun berbagi cerita bagaimana uniknya masjid milik pesantren Salafiah itu.





Tempat ibadah umat muslim ini memiliki percampuran gaya India Mughal dan Timur Tengah. Arsitektur yang tak kalah keren membuat masjid ini berbeda dari masjid umumnya. Bentuknya yang megah ditambah desain arsitektur rumit membuat siapapun yang berkunjung terkagum-kagum. Subhanallah..

Secara keseluruhan, Masjid Pondok Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah ini bergaya India sampai Timur Tengah. Anda yang penasaran bisa mengunjungi ponpes 10 lantai ini yang berloasi di Jalan KH Wahid Hasyim Gang Anggur No 10, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.



Anda akan disambut gerbang raksasa bergaya India yang kemudian membawa Anda melewati serambi yang berbentuk seperti gua. Stalaktit ada di seluruh dinding ruangan tersebut.



Masuk ke dalam tempat shalat, desain interior yang tidak biasa akan kembali mengejutkan Anda. Ukiran juga kaligrafi nan cantik menghiasi hampir seluruh bagian. Mimbar khatib tampak mewah desainnya dan kursinya tak kalah keren layaknya kursi seorang raja.

Saya sendiri tidak sabar ingin mengunjungi langsung masjid yang masyarakat menyebutnya masjid tiban ini. Kalau sempat saya pun ingin masuk ke dalam pesantren yang katanya memiliki desain tak kalah cantik.

0 comments:

Post a Comment