Trojan Android Paling Ganas di Dunia





Siapa bilang perangkat berbasis Android terbebas dari trojan atau malware? Baru-baru ini ditemukan trojan yg mampu melakukan aktivitas secara otomatis yg sangat merugikan penggunanya.

Dilansir Bgr, Sabtu (8/6/2013), sebagaimana ‘bertumbuhnya’ malware di Android, maka para pembuatnya mampu menciptakan program jahat yg lebih sadis lagi. Roman Unuchek dari riset Kaspersky mengungkapkan bahwa timnya menemukan trojan jenis baru.

Trojan ini dikatakan sebagai trojan yg paling canggih yg pernah ditemukan. Kabarnya, trojan ini dinamakan 'Backdoor.AndroidOS.Obad.a'. Apa yg dilakukan program jahat ini cukup merugikan pengguna.

Trojan ini kabarnya mampu mengirim SMS otomatis ke nomor premium, mengunduh program malware lainnya serta melakukan install otomatis pada perangkat yg terinfeksi. Tak hanya itu, trojan ini juga bisa menyebarkan malware via bluetooth ke perangkat lain.

Selain itu, peneliti dari perusahaan keamanan komputer ini mengatakan bahwa pembuat malware biasanya mencoba untuk membuat kode serumit mungkin. “Ini sangat langka untuk bisa melihat persembunyian canggih ‘Odad.a’ di malware mobile,” kata Roman.

Dengan demikian, trojan ini sulit dideteksi karena sifatnya yg tersembunyi. Menurutnya, trojan ini dapat melakukan beberapa fungsi berbahaya dan sangat kompleks utk dapat dibedah atau ditemukan cara utk menghilangkannya.

0 comments:

Post a Comment