Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Negara-Negara Paling Banyak ABG Nganggurnya




Krisis keuangan yang melanda dunia pada 2008 silam, belum juga menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Terutama negara-negara yang masuk dalam zona Eropa.

Kondisi ekonomi negara-negara Euro Zone kompak terpuruk. Defisit anggaran membesar, pengangguran meningkat. Pengangguran di zona Eropa terus mengalami kenaikan. Data terbaru Eurostat menyebutkan, tingkat pengangguran di negara-negara Eropa meningkat 12,2 persen. Tingkat pengangguran pada Mei tercatat sebagai rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Eurostat memprediksi, 19,2 juta orang di kawasan Eropa menjadi pengangguran pada bulan Mei 2013. Jumlah ini meningkat 67.000 dibanding bulan sebelumnya. Sebagian besar didominasi kalangan muda atau anak muda. Satu dari empat anak muda di Eropa yang berusia antara 18 sampai 25 tahun menganggur.

Berikut empat negara yang anak mudanya paling banyak menganggur.

1. Yunani

Yunani adalah negara dengan jumlah pengangguran terbanyak di Eropa. Sekitar 27 persen dari total jumlah penduduknya, tidak memiliki pekerjaan. Dari jumlah tersebut, 62,5 persennya adalah anak muda.

Makin banyaknya jumlah pengangguran di Yunani lantaran kondisi perekonomiannya yang terus merosot sejalan dengan makin besarnya utang yang masih membelit Yunani.

2. Spanyol

Tidak hanya Yunani, Spanyol juga menjadi negara di Eropa dengan jumlah pengangguran terbesar. Persentasenya sama dengan Yunani, sekitar 27 persen atau lebih dari enam juta orang. Dari jumlah tersebut, 56,4 persennya adalah anak muda.

Tingginya tingkat pengangguran di negeri matador tersebut lantaran kondisi ekonominya yang tak kunjung bangkit setelah terkena gelombang krisis ekonomi 2008.

Angka pengangguran ini tercatat sebagai tertinggi sejak paling tidak sejak 1976.

3. Portugal

Negara Eropa ketiga yang memiliki jumlah pengangguran terbanyak adalah Portugal.

Jumlah pengangguran di Portugal pada Mei 2013 mencapai 17,8 persen. Dari jumlah tersebut, 42,5 persen di antaranya adalah anak muda.

Nasib pengangguran muda di Portugal makin tak menentu.

4. Italia

Kondisi di Italia tidak jauh berbeda dibanding negara Eropa lainnya. Tingkat pengangguran di Italia termasuk yang terbesar di Eropa.

Tercatat, tingkat pengangguran di Italia mencapai 12 persen dari jumlah penduduknya. Dari jumlah pengangguran tersebut, sekitar 40,5 persennya adalah anak muda.

Labels: Buruk, Fakta

Thanks for reading Negara-Negara Paling Banyak ABG Nganggurnya. Please share...!

Back To Top