Tiang Bendera Paling Tua di Indonesia

Terpaling - Ada kayu yang menjulang aneh di pintu masuk Benteng Keraton Buton, benteng terbesar di dunia. Bukan sembarang kayu, inilah tiang bendera yang berumur 300 tahun. Wow!



Benteng Keraton Buton adalah warisan sejarah yang berharga sekaligus kebanggaan warga Buton, Sulawesi Tenggara. Benteng terbesar di dunia ini punya banyak bangunan sejarah, salah satunya tiang yang berumur sekitar 300 tahun.

Jika dilihat sekilas, bentuknya tidak seperti tiang karena sudah ditopang oleh beberapa kayu di sekitarnya. Namun jika diteliti, bentuk tiang masih bisa terlihat.

Beberapa tahun silam, tiang yang bernama lain Kasulaana Tombi ini sempat disambar petir. Inilah yang membuat tiang bendera ini harus disangga beberapa kayu lainnya.

Tiang ini berdiri pada akhir abad ke-17. Tujuan tiang didirikan adalah untuk mengibarkan panji Kesultanan Buton. Bahan dasar dari tiang ini kayu jati.

Kasulaana Tombi berdiri di dekat Masjid Agung Kesultanan Buton. Tingginya 21 meter dengan area keamanan berdiameter sekitar 25 sampai 70 cm.

Saat siang, tiang ini menarik untuk dijadikan objek foto karena latar belakang langit yang membiru. Beberapa lainnya tak lupa berfoto bersama tiang.






Labels: Bangunan, Fakta, Legenda

Thanks for reading Tiang Bendera Paling Tua di Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Tiang Bendera Paling Tua di Indonesia"

Back To Top