Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Nama Desa Paling Panjang di Eropa


Ada sebuah desa di Eropa yang memiliki nama unik dan terpanjang, Desa ini tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai tempat yang namanya terpanjang di Eropa dan salah satu dunia.


Desa unik ini bernama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, yang terletak di pulau Anglesey, Wales, di sekitar Selat Menai, sebelah jembatan Britannia dan di seberang selat Bangor.

Agar lebih mudah dihafal, penduduk setempat biasa menyingkatnya dengan sebutan Llanfairpwllgwyngyll atau Llanfair Pwllgwyngyll. Penutur bahasa Inggris yang mengatakan “Llan-vire-pooll-guin-gill-go-ger-u-queern-drob-ooll-llandus-ilio-gogo-goch” akan menyuarakan lebih dekat bagaimana nama ini diucapkan.

Nama desa ini jika dihitung berjumlah 58 huruf, namun dalam bahasa Welsh nama tempat ini dianggap hanya terdiri dari 51 huruf, sebab “ch” dan “II” termasuk digraf atau huruf tunggal. Kira-kira, nama sepanjang itu memiliki makna apa? Nama desa ini berarti: Gereja Santa Maria (Llanfair) di dalam (pwll) pohon hazel putih (gwyngyll) dekat (goger) pusaran air yang cepat (y chwyrndrobwll) di gereja Santa Tysilio (llantysilio) di gua merah ([a] g ogo goch).

Apa Anda berniat berkunjung ke desa unik ini?

Labels: Aneh, Bangunan, Fakta, Record

Thanks for reading Nama Desa Paling Panjang di Eropa. Please share...!

Back To Top