Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

Toilet Bandara Paling Bersih di Indonesia



Kalau toilet di bandara bersih, traveler mana yang tidak senang. Untuk itu, penghargaan Sapta Pesona kembali diberikan kepada 20 bandara nasional dan internasional di Indonesia dengan toilet paling bersih.

“Bandara adalah pintu gerbang masuknya wisatawan, baik wisnus atau wisman. Jadi secara nggak langsung, toilet jadi cerminan budaya bangsa sekaligus mencerminkan citra Indonesia,” tutur Menparekraf Mari Elka Pangestu dalam acara Penghargaan Toilet Umum Bersih Bandara 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2013).

Kali ini, ada 20 bandara nasional dan internasional yang memperebutkan penghargaan Sapta Pesona. Penghargaan ini berlangsung dua tahun sekali mulai 2007.

Layaknya hotel, kebersihan dan kelayakan toilet dinilai berdasarkan bintang mulai dari 1 (yang terkecil) sampai 5 (yang terbesar). Skor minimal untuk mendapat bintang 1 adalah 65.

Dari 20 bandara internasional dan nasional di Indonesia, tahun ini penghargaan Sapta Pesona untuk toilet bandara terbersih jatuh pada Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau.

“Bandara Pekanbaru menempati posisi pertama dengan skor 89,62. Dapat bintang 4,” tutur Nani S Adiwoso selaku Ketua Panitia Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Bandara 2013.

Satu lagi bandara yang mendapat bintang 4 adalah Soekarno-Hatta di Cengkareng. Dengan skor 83,62, Bandara Soekarno-Hatta menyabet posisi kedua.

Beberapa peringkat di bawahnya ditempati oleh Bandara Juanda di Surabaya (79,82), Bandara Sultan Hassanudin di Makassar (77,22), Bandara Ngurah Rai di Denpasar (76,27), Bandara Ahmad Yani di Semarang (76,18), Bandara Sultan Badaruddin II di Palembang (75,91), Bandara Sultan Iskandarmuda di Aceh (75,88), Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta (75,74), dan Bandara Minangkabau di Padang (75,60).

Nani menuturkan, beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk toilet umum bersih bandara adalah kebersihan, kelengkapan, kelayakan, kemudahan pemakaian, dan pengelolaan sesuai standar kebersihan.

Dewan juri penghargaan ini antara lain Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, media, dan pemerhati toilet.

“Diharapkan penghargaan ini bisa mensosialisasikan standar dan kriteria toilet yang nyaman di bandara. Tentu saja, semuanya demi kenyamanan wisatawan yang datang,” tutup Mari.

Berikut pemeringkatan 10 toilet bandara terbersih:
1. Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (89,62)
2. Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (83,62)
3. Bandara Juanda Surabaya (79,82)
4. Bandara Sultan Hassanudin Makassar (77,22)
5. Bandara Ngurah Rai Denpasar (76,27)
6. Bandara Ahmad Yani Semarang (76,18)
7. Bandara Sultan Badaruddin II Palembang (75,91)
8. Bandara Sultan Iskandarmuda Aceh (75,88)
9. Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (75,74)
10. Bandara Minangkabau Padang (75,60).

Labels: Bangunan, Kesehatan

Thanks for reading Toilet Bandara Paling Bersih di Indonesia. Please share...!

Back To Top