Apple Perusahaan Paling Mahal di Dunia



Kinerja Apple sangat positif satu dekade terakhir. Perusahaan selalu meng-upgrade produknya sejak tahun 2010 lalu. Di pasar saham, harga saham Apple sudah naik 45 persen dari level tertingginya pada September 2012.

Alhasil, Apple menjadi brand paling valuable dengan nilai USD104,3 miliar(brand value), naik 20 persen dibandingkan tahun lalu. Brand value dari Apple ini lebih besar dua kali lipat dibandingkan brand-brand lainnya.



"Jantung dari brand yang hebat itu adalah produk yang hebat," kata pakarbrand dari Dartmouth Tuck School of Business, Kevin Lane Keller dilansir dari Forbes, Sabtu (9/11/2013).

Saat ini, produk Apple telah menjadi bagian tak terpisahkan dari individu. Brand ini juga telah kental di memori konsumen dibandingkan kompetitornya.

Perusahaan tersebut mencatatkan penjualan 33,8 juta iPhones pada akhir kuartal III-2013. Dia juga berhasil melego 14,1 juta iPads dan 4,6 juta Macs. Tercatat, 30 miliar lagi telah terjual di iTunes sejak produk ini dilaunching pada tahun 2003.

Penjualan dari iPods memang turun karena orang mengalihkan fungsi telepon menjadi music players. Tapi, Apple masih menjual 3,5 juta iPod pada kuartal terakhir lalu dan 26,4 juta unit iPod sepanjang tahun ini.

Salah satu yang terekam di memori konsumen terkait Apple adalah desainnya.

"Desain ini menunjukan bagaimana produk ini bekerja, bagaimana terlihat dan bagaimana dirasakan. Ini sangat fungsional dan estetika. Apple membuat produk yang sebenarnya sangat sederhana, tapi terlihat bagus dan atraktif," jelas dia.

0 comments:

Post a Comment