Film-Film Olahraga Paling Menyentuh



Film-film olahraga dari Hollywood berikut ini mempunyai kadar dramatis yang tinggi dalam cerita dan penuturannya.



Film dan olahraga bagaikan dua sisi mata uang. Olahraga menyediakan materi cerita dengan isi yang kaya. Ada konflik, rivalitas, ketegangan, action, pesona dan kekuatan karakter. Gabungan semua itu mampu menciptakan dramatika cerita yang pada akhirnya selalu membuat film-film olahraga selalu menarik banyak penonton. Kami memilih lima film olahraga dari Hollywood pasca tahun 2000 yang kami anggap punya dramatika yang kuat. Apa saja?

RUSH

Mengangkat rivalitas yang memang pernah terjadi di lintasan balap Formula 1 antaraJames Hunt (diperankan Chris Hemsworth) dan Niki Lauda (diperankan Daniel Bruhl), Rush sukses menggedor pecinta film dan olahraga balap. Ron Howardmenggarap film yang kental dengan aroma maskulin ini tanpa mau kehilangan segi orisinalitasnya. Berbagai mobil balap Formula 1 di era 1970-1976, baik asli maupun replikanya, dipakai untuk syuting. Meski begitu, rivalitas dua pembalap wahid itu juga didramatisir demi menguatkan cerita. Ditambah lagi performa bagus akting dua aktor utamanya.




THE FIGHTER

Satu lagi film tentang dunia tinju yang sukses memikat penonton berkat penggarapan, cerita dan karakter para tokohnya yang kuat. Kisah The Fighterberkutat tentang perjuangan Micky Ward (Mark Wahlberg) di arena tinju profesional dengan didukung kakaknya si pencandu kokain, Dicky Eklund (Christian Bale), sebagai pelatih. Film garapan David O. Russel yang berdasarkan kisah nyata ini tak hanya sukses di tangga box office, tapi juga meraih banyak penghargaan dan nominasi. Salah satunya Aktor Pendukung Terbaik Oscar untuk Christian Bale.




MONEY BALL

Kekuatan film garapan Bennett Miller ini terletak pada skenarionya yang ditulis olehAaron Sorkin dan Steven Zaillian. Alkisah, Billy (Brad Pitt) dan asistennya, Peter Brand (Jonah Hill), membentuk tim impian dengan meramu para atlet tak terkenal tapi sebenarnya memiliki keunggulan. Uniknya, Billy dan Peter menyaring para atlet itu lewat analisa statistik dari seluruh pertandingan. Hasilnya, tim Oakland Athleticssukses menang 20 pertandingan secara berturut-turut. Film ini sendiri mendapatenam nominasi Oscar, termasuk kategori Best Actor untuk Brad Pitt dan Best Picture.





THE WRESTLER

Film ini adalah momen kelahiran kembali aktor Mickey Rourke. Setelah lama 'hilang' di dunia akting, Mickey bangkit lagi dalam film ini dan langsung meraih penghargaanBAFTA dan Golden Globe. The Wrestler berkisah soal eks pegulat profesional yang berusaha meraih lagi kejayaannya di arena gulat. Sembari itu, dia juga harus merekatkan kembali hubungannya dengan anak perempuannya. Bagi Darren Aronofsky, sang sutradara, film ini memang berfokus pada karakter. KesuksesanThe Wrestler makin menjulang karena berhasil menjadi Film Terbaik dalam Venice Film Festival pada tahun 2008, sebuah festival film tertua dan paling prestisius di dunia.





MILLION DOLLAR BABY

Dengan tangan dinginnya, sutradara Clint Eastwood berhasil menempatkan film tentang petinju wanita ini ke jajaran film terbaik pada tahun 2004. Bahkan film ini juga memenangkan Oscar dalam kategori Best Picture, Best Director, Best Actressuntuk Hilary Swank, dan Best Supporting Actor untuk Morgan Freeman. Seperti film-film tentang petinju, Million Dollar Baby juga memakai rumus 'from zero to hero'.Bedanya di sini, sang petinju adalah perempuan yang memang punya determinasi kuat untuk sukses.

0 comments:

Post a Comment