Lima Pulau Paling Terpencil di Dunia



Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan di pulau terpencil. Tidak ada orang, hanya pohon kelapa, dan pasir putih yang masih perawan. Berikut 5 pulau paling terpencil di dunia.

1. Attu Island, AS


Attu Island terletak di ujung Barat dari Aleutian Islands di Alaska. Sedangkan dari Amerika, terletak di titik yang paling Timur. Attu Island disebut sebagai pulau dengan permukaan tanah yang keras, iklim tidak bersahabat, dihiasi dengan gunung api dan tebing. Attu Island tidak hanya menjadi pulau terpencil, 1.770 km dari peradaban terdekat, namun juga paling terlarang untuk dikunjungi.

Mendengar segala bahaya tentang pulau ini, ternyata terdapat 20 orang yang menghuni Attu Island. Fakta uniknya, Attu Island merupakan satu-satunya tanah pertempuran di AS saat Amerika melawan musuhnya pada Perang Dunia II. Biasanya, pengunjung tidak betah berlama-lama lebih dari seminggu di pulau ini, selain tiadanya hotel bergaya Barat. Walaupun begitu, Attu Island tetap menarik untuk dikunjungi saat wisaya kapal pesiar di Laut Bering.

2. Galapagos Islands, Ekuador


Sebagai sebuah perairan dengan 60 pulau, dimana hanya 5 pulau yang dihuni, membuat Galapagos Islands tersebar di sekitar garis khatulistiwa. Pulau ini sendiri memiliki jarak 972 km dari Ekuador. Galapagos Islands merupakan pulau yang tepat untuk bersantai, atau sekedar melepas lelah dari rutinitas harian. Terdapat setidaknya 40.000 penghuni di sini.

Tidak hanya manusia saja yang menghuni Galapagos Islands, namun juga ratusan spesies endemik yang ditemukan oleh Charles Darwin. Pulau terbesar di sini bernama Isabela, dengan Puerto Villami sebagai kota terbesar. Di Galapagos Islands, pengunjung dapat bersantai di kapal yacht pribadi atau sekedar menghabiskan waktu.

3. Xisha Island, China


Xisha Island yang terletak di bagian selatan Laut China mungkin dapat menjadi pulau terpencil pertama Anda. Letaknya yang berjarak 329 km dari Provinsi Hainan di Cina, membuatnya menjadi pulau terpencil yang cukup dekat dari daratan. Pulau ini dikenal akan keindahan tropisnya, sekaligus rumah dari beberapa burung langka di dunia.

Jika Anda ingin berkunjung, tidak usah khawatir. Terdapat wisata kapal pesiar yang dapat mengantarkan Anda ke Xisha Island. Keindahan alamnya bervariasi, dari air laut sejernih kristal, sampai iklim tropis. Tersesat di pulau ini kelihatannya tidak buruk.

4. Cocos Islands, Australia
Cocos Islands terletak di tengah Samudera Hindia, kira-kira 899 km jaraknya dari Christmas Island, tetangga terdekatnya. Ketika ditemukan oleh penjelajah Inggris, Cocos Islands merupakan pulau yang tandus. Tidak seperti pulau liburan seperti Bali, tentunya tidak ada resor, pusat perbelanjaan, atau barisan restoran untuk tamu.

Satu-satunya cara untuk menghibur diri Anda, adalah dengan berjalan mengelilingi pulau dan bersantai di tempat tidur gantung saat malam. Pemandangan Cocos Islands juga sangat cantik dengan barisan pohon Calophyllum, kembang sepatu lokal, dan air yang transparan. Dipastikan Anda tidak akan menemukan orang lain dalam beberapa jam di Cocos Islands.

5. Falkland Islands, Argentina
Berjarak 482 km di sebelah Timur Argentina, terdapat sebuah pulau bernama Falkland Islands. Pulau ini terkenal sebagai lokasi terjadinya perang Malvinas dua bulan pada tahun 1982, antara Argentina dan pasukan Inggris. Falkland Islands terdiri dari dua pulau utama, East Falkland dan West Falkland. Seperti Vietnam yang semakin terkenal, Falkland Islands telah menjadi destinasi turis favorit semenjak Inggris meraih kemenangan.

Kunjungilah ibukota Stanley di East Falkland, sekaligus melihat pemandangan indah Mount Usborne. Bisa juga mencoba berenang di air dingin South Atlantic. Dari soal iklim, udaranya mungkin tidak sehangat di iklim tropis, tapi tetap menawan. Kebanyakan orang datang ke Falkland Islands untuk melihat alamnya yang indah. Pulau ini juga menjadi tempat konservasi flora, fauna, burung, dan spesies laut.

0 comments:

Post a Comment