Gunung Berapi Paling Besar Sejagat



Para ilmuwan mengatakan bahwa Tamu Massif, gunung berapi bawah laut di barat laut Samudera Pasifik adalah gunung berapi tunggal terbesar yang belum didokumentasikan di Bumi dan termasuk salah satu gunung terbesar di antara yang terbesar dalam tata surya kita.

Tamu Massif meliputi wilayah sekitar 120.000 mil persegi (sekitar seukuran Kepulauan Inggris atau negara bagian New Mexico). Sebagai perbandingan, gunung Mauna Loa Hawaii yang adalah gunung berapi aktif terbesar di Bumi, adalah 2.000 mil persegi, atau kurang dari dua persen ukuran Tamu Massif. Untuk menemukan perbandingan yang layak, kita harus melihat ke planet Mars, Tempat gunung terbesar di tata surya kita, Olympus Mons. Gunung berapi raksasa, yang terlihat pada malam yang cerah dengan menggunakan teleskop yang baik itu, hanya sekitar 25 persen lebih besar daripada volume Tamu Massif.

Gambar 3-D dasar laut yang menunjukkan ukuran dan bentuk Tamu Massif, gunung berapi tunggal terbesar (dalam ukuran) Bumi. Para ilmuwan percaya bahwa gunung berapi ini berumur sekitar 145 juta tahun dan menjadi tidak aktif dalam beberapa juta tahun setelah terbentuk.

Terletak di sekitar 1.000 km sebelah timur dari Jepang, Tamu Massif adalah fitur terbesar dari Shatsky Rise, sebuah pegunungan bawah laut yang terbentuk 145-130juta tahun yang lalu oleh letusan beberapa gunung berapi bawah laut.

Sampai saat ini, tidak jelas apakah Tamu Massif adalah gunung berapi tunggal, atau gabungan dari banyak titik letusan.

Dengan mengintegrasikan beberapa sumber bukti, termasuk sampel inti dan data yang dikumpulkan, para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa massa basalt yang merupakan Tamu Massif memang meletus dari satu sumber dekat pusat.

Hasil ini muncul dalam sebuah paper di jurnal Nature Geoscience tanggal 6 september 2013. Will Sager dari University of Houston, penulis utama paper tersebut mengatakan:

"Tamu Massif adalah gunung berapi perisai tunggal terbesar yang pernah ditemukan di Bumi. Mungkin ada gunung berapi yang lebih besar, karena ada fitur luar yang lebih besar di sana seperti Ontong Java Plateau. Tapi kita tidak tahu apakah fitur ini adalah salah satu gunung berapi atau kompleks gunung berapi."

Tamu Massif melebihi gunung-gunung berapi bawah laut lainnya tidak hanya untuk ukurannya, tetapi juga bentuknya.

Gunung ini rendah dan luas, yang berarti bahwa aliran lava harus melakukan perjalanan jauh dibandingkan dengan sebagian besar gunung berapi lain di Bumi.

Dasar laut dihiasi dengan ribuan gunung berapi bawah laut, atau gunung laut, yang sebagian besar adalah kecil dan curam dibandingkan dengan hamparan luas Tamu Massif yang rendah ini. Sagar mengatakan :

"Kita tahu bahwa ini adalah gunung berapi besar tunggal dibangun dari aliran lava besar yang terpancar dari pusat gunung berapi untuk membentuk bentuk perisai yang luas. Sebelum saat ini, kita tidak mengetahui nya karena dataran tinggi samudera adalah fitur besar tersembunyi di bawah laut."

Jadi, Tamu Massif, gunung berapi bawah laut di barat laut Samudera Pasifik sekitar 1.000 km sebelah timur dari Jepang, adalah gunung berapi tunggal terbesar yang baru saja didokumentasikan di Bumi dan di antara yang terbesar dalam tata surya kita. Itu menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience pada tanggal 6 September 2013.






0 comments:

Post a Comment