Jenis-Jenis Bunga Paling Langka di Dunia



Bunga merupakan pernak-pernik hiasan dalam sisi kehidupan di dunia ini. Selain keindahan, ternyata bunga juga dapat dijadikan sebagai mata pencarian dalam dunia pekerjaan atau sebuah bisnis. Namun, tidak semua bunga dapat kita temui, hal tersebut karena faktor pertumbuhan atau tempat yang sulit untuk beradaptasi yang menyebabkan bunga itu menjadi langka. Apa sajakah bunga paling langka di dunia? berikut:

1. Bunga Bangkai

Bunga bangkai dengan nama Rafflesia Arnoldi (Amorphophallus titanum) adalah bunga yang berasal dari negara Indonesia. tinggi bunga ini bisa mencapai 180 cm dengan diameter 90 cm.

Bentuk bunga ini sangat unik, terlihat dari bentuk yang mirip dari jaman prehistoric. Dipercaya bunga bangkai ini termasuk bunga paling besar di dunia dengan keunikan rasa bau yang cukup menyengat seperti bau bangkai.

Langkanya bunga bangkai ini karena proses perkembangan yang begitu lama dan bertahan hanya seminggu saja pada proses pemekaran pada bunganya.

2. Youtan Poluo

Bunga jenis ini termasuk bunga misteri, sebab bunga ini perlu penelitian mendalam disebabkan belum ada nama yang signifikan dalam kategori nama Ilmiahnya.

Bunga ini berasal dari Youtan-Cina, kronologi penemuan bunga ini adalah dengan ditemukannya bunga tersebut oleh seorang petani Cina bernama Lushan. Bunga itu tumbuh diantara saluran pipa besi dari mesin cuci milik pak Lushan.

3. Yellow and Purple Lady Slippers

Bunga ini termasuk jenis anggrek terlangka di dunia, bunga yang bernama latin Cypripedium calceolus tumbuh di daratan eropa.

Bunga ini sangat sulit ditemukan, terbukti dengan dilakukan pengawasan ketat khusus menjaga pertumbuhan dan perkembangan bunga ini yang dilakukan oleh pihak keamanan di negara Inggris sejak tahun 1917.

4. Ghost Orchid

Bunga ini juga termasuk ke dalam jenis aggrek yang palin glangka di dunia. Ghost Orchid dengan nama ilmiah Epipogium aphyllum/Dendrophylax lindenii mempunyai keunikan tersendiri, keunikan tersebut terlihat dari bentuk yang tidak disertai dengan daun yang berarti tidak menggunakan proses fotosintesis dalam proses perkembangannya.

5. Kadupul Flower

Bunga ini bernama latin Epiphyllum oxypetalum yang berasal dari Sri Langka, yang menjadi keunikan tersendiri dari bunga ini adalah proses pemekaran yang terjadi pada saat malam saja dan akan kembali layu pada siang harinya.

6. Parrot’s Beak

Diklasifikasikan sebagai bunga yang sangat langka sejak 1884, dan diyakini telah punah di alam liar, meskipun beberapa orang percaya mungkin masih hidup. Tanaman ini berasal dari Kepulauan Canary. Di tahun 2008, percobaan telah dilakukan untuk melihat apakah bunga bernama latin Lotus berthelotii ini bisa menemukan penyerbuk baru, tapi, kabarnya belum berhasil.

7. The Jade Vine

The Vine Jade (Strongylodon macrobotrys) warnanya menarik, biru-hijau seperti cakar berbentuk bunga (atau seperti jantung pisang?). Bunga ini diserbuki oleh kelelawar yang menggantung terbalik sambil minum nektar. Bunga ini sekarang semakin langka, hampir tidak terlihat lagi di alam liar dan diyakini terancam oleh deforestasi di Filipina.

0 comments:

Post a Comment