Mata Air Paling Jernih di Kalimantan Timur



Daerah Kalimantan memang tempatnya surga tersembunyi yang menyajikan keindahan alam yang tak terduga. Banyak kawasan dan tempat-tempat tertentu yang memiliki potensi wisata namun belum banyak yang tahu keberadaannya. Contohnya saja adalah mata air Nyadeng yang berada di Hulu Sungai Lesan, Kampung Merabu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Mata air ini berada tepat di bawah perbukitan Karst Sangkurilang-Mangkalihat. Di sini dijamin anda tidak akan percaya dengan apa yang anda jumpai. Sebuah mata air yang begitu jernih di tengah hutan yang belum terjamah manusia, hingga ikan-ikan di dalam air pun akan terlihat dari atas saking jernihnya.

mata air Nyadeng
Mata Air Nyadeng di Hulu Sungai Lesan Berau

Mata Air Nyadeng memang salah satu dari sekian banyak tempat di Kalimantan yang menyajikan keindahan tersembunyi. Untuk menuju mata air Nyadeng atau Kampung Merabu ini juga diperlukan kerja keras, karena medan yang akan anda lalui adalah hutan dan sungai. Karena memang lokasi mata air yang sangat indah ini berada di pedalaman Kalimantan. Medan yang akan anda lalui untuk menuju mata air Nyadeng ini sungguh melelahkan. Anda harus menempuhnya selama kurang lebih 4 jam dari pusat Kota Berau. Perjalanan nantinya harus melewati sungai dengan naik perahu, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju mata air Nyadeng.

Bukan hanya itu saja, beberapa area menuju mata air Nyadeng ini tidak bisa ditempuh hanya menggunakan mobil biasa. Mobil 4WD atau double gardan menjadi transportasi utama yang wajib anda bawa ketika anda ingin mencapai mata air jernih tersebut. Anda tahu sendiri kan bagaimana keadaan kontur tanah di Kalimantan, sebagian besar masih tanah yang lembek sehingga memungkinkan kendaraan biasa untuk amblas. Apalagi jika anda berkunjung ke mata air Nyadeng di waktu musim penghujan.

mata air Nyadeng
Jernihnya Mata Air Nyadeng di Berau

Akan tetapi perjuangan anda menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam tersebut akan terbayarkan ketika perjalanan anda sudah sampai di hulu sungai Lesan. Sebuah mata air yang jernih akan membuat anda tidak percaya, ternyata ada surga tersembunyi di balik hutan Kalimantan. Rasa lelah juga seketika akan hilang setelah anda menceburkan diri di mata air Nyadeng ini. Anda bisa berenang dan mandi di mata air yang bersih ini, belum terkontaminasi apapun. Tapi khusus yang bisa berenang ya, karena menurut penduduk setempat, titik terdalam dari mata air Nyadeng ini bisa mencapai 50 meter.

Anda juga bisa beristirahat di pinggiran mata air Nyadeng ini, menikmati kesejukan udara di kawasan mata air, mendengarkan suara alam yang begitu khas, suara hutan yang sunyi, kadang burung-burung pun saling bersahutan menyambut anda datang ditempat ini. Sungguh suasana yang begitu menenangkan, jauh dari perkotaan yang bising.

0 comments:

Post a Comment