5 Objek Wisata Paling Populer di Jogjakarta

Objek Wisata Paling Populer di Jogjakarta

Banyak sekali tempat wisata Jogja yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi Yogyakarta termasuk daerah tujuan wisata utama di Indonesia setelah Bali, sehingga banyak wisatawan yang selalu berusaha menyempatkan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di kota istimewa ini.

Namun dari sekian banyak objek wisata tersebut, tentunya selalu ada yang paling popular dan terfavorit.

Tempat wisata di Yogyakarta yang popular di kalangan wisatawan bukan hanya berupa objek wisata budaya sebagai peninggalan sejarah, namun tak sedikit pula objek wisata lainnya yang menarik, terutama tempat atau lokasi untuk jalan-jalan.

Nah, berikut beberapa tempat wisata Jogja yang paling popular dan banyak dikunjungi wisatawan.

1. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta atau juga dikenal sebagai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di pusat kota Jogja atau tepatnya di ujung selatan Malioboro.



Banyak sekali pusaka dan peninggalan sejarah milik Keraton Jogja yang dipamerkan agar dapat diketahui masyarakat luas. Di sini terdapat Museum Hamengku Buwono IX yang berisi berbagai koleksi milik keraton, replika pusaka keraton, gamelan, hingga berbagai macam hadiah dari raja-raja di Eropa.

Di tempat ini para pengunjung juga dapat menyaksikan dan menikmati arsitektur bangunan Keraton yang unik hingga berbagai jenis kereta pusaka yang kerap digunakan dalam upacara khusus.

2. Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta merupakan sebuah istana air (water castle) yang lokasinya juga tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Situs ini memang bagian dari kawasan Keraton Yogyakarta dengan bentuk berupa taman yang dikenal sebagai tempat beristirahat Sultan beserta keluarganya.



Pada bagian utama Taman Sari terdapat sebuah kolam air yang cukup luas yang kabarnya menjadi tempat mandi para putri keraton.



Di kawasan ini juga terdapat bangunan lorong bawah tanah yang unik dan penuh misteri karena menjadi tempat rahasia kerabat keraton untuk mengungsi atau berpindah tempat jika terjadi serbuan ke dalam keraton.

Arsitektur yang unik dan berbagai fungsi bangunan yang misterius menjadi daya tarik salah satu objek wisata Jogja yang popular ini.

3. Malioboro Yogyakarta
Malioboro merupakan nama jalan protokol yang berada di pusat kota Jogja. Kawasan ini menjadi salah satu objek wisata Jogja yang sangat popular dan menjadi favorit para wisatawan yanh datang berkunjung.



Sambil berjalan kaki, pengunjung dapat berbelanja berbagai cinderamata maupun kerajinan khas Yogyakarta yang banyak dijual para pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Malioboro tersebut.

Sedangkan pada malam hari, kawasan ini juga tak pernah mati dengan banyaknya warung makan gaya lesehan yang menyajikan beragam makanan.

4. Candi Prambanan Yogyakarta
Candi Prambanan berada di ujung timur Yogyakarta dan berbatasan dengan Kabupaten Klaten.

Candi peninggalan zaman Hindu yang dibangun pada abad 9 Masehi ini merupakan kompleks candi terbesar di Indonesia dan masuk menjadi salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO.



Di kawasan ini para wisatawan akan dapat menyaksikan peninggalan sejarah yang sangat berharga yang turut membangun Indonesia modern saat ini.

5. Pantai Parangtritis Yogyakarta
Pantai Parangtritis merupakan salah satu objek wisata pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Dengan keindahan alamnya yang mempesona, wisatawan juga dapat bermain di sepanjang pantai atau sambil naik kereta kuda untuk menyusuri pantai selatan tersebut. Objek wisata Jogja ini sangat ramai pada akhir pekan atau saat libur.


Labels: Bangunan, Budaya, Cakrawala

Thanks for reading 5 Objek Wisata Paling Populer di Jogjakarta. Please share...!

0 Comment for "5 Objek Wisata Paling Populer di Jogjakarta"

Back To Top