6 Jembatan Paling Unik di Dunia



1. Jembatan artistik, Jerman

Berada di Kromlau, Jerman, Jembatan Rakotz tak sekadar sarana penghubung turis yang ingin menyeberang. Memiliki desain menarik, jembatan ini juga sering dijadikan lokasi foto-foto turis. Banyak yang mengatakan jembatan ini adalah hasil karya seni terbaik.

Rakotz berada di kawasan yang diisi pepohonan hijau dan danau. Bentuknya yang melengkung tampak bulat sempurna ketika berdampingan dengan air danau yang merefleksikan bayanganya.

2. Jembatan melengkung, Malaysia

Arsitek Mayur Kanaiya memberikan sentuhan cantik di Langkawi lewat jembatan yang didesainnya. Ia mendesain jembatan bernama Sky Bridge dengan bentuk melengkung atau berkelok.

Jembatan sepanjang 125 meter ini akan berakhir di puncak Gunung Mat Cincang. "Jembatan ini akan memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pengalaman melihat langsung kanopi hutan dan kehidupan liar," tutur Kanaiya.

3. Jembatan alam, India

Alih-alih menggunakan batu bata, semen atau bahkan besi, Desa Cherrapunji di India dengan kreatif membuat jembatan dari akar pohon. Selain menggunakan akar, para penduduk setempat juga menggunakan bambu sebagai media pendukung.

Tak hanya satu, ada beberapa jembatan alami yang dibuat penduduk Cherrapunji. Beberapa jembatan bahkan memiliki panjang lebih dari 30 meter dan sanggup dilewati oleh 50 orang.

4. Jembatan tenggelam, Belanda

Umumnya sebagian besar jembatan berfungsi untuk menghubungkan dua tempat yang terpisah air. Jembatan juga biasanya berada di atas permukaan air. Namun ada yang beda di Fort de Roovere, Belanda.

Jembatan ini malah cekung ke bawah tanah dan membelah danau kecil yang airnya tak bergerak. Pengunjung yang lewat jalur ini harus berjalan di semacam parit yang jadi jembatan. Dinding jembatan ini berfungsi sebagai bendungan untuk menjaga keluarnya air.

5. Jembatan akrobatik, Inggris

Di London, Inggris, ada jembatan unik yang bisa terlipat, Rolling Bridge namanya. Berada di Grand Union Canal di Paddington Basin, jembatan ini bisa melipat dan melengkung atau yang biasa disebut aksi akrobat.

"Setiap Jumat sore, jembatan akan memperlihatkan aksi akrobatik yang bisa membuat banyak orang terkagum-kagum," ujar Koen Kas, seorang entrepeneur dari Belgia.

6. Jembatan batu, Yaman

Desa Shaharah di Yaman punya jembatan spektakuler. Terang saja, jembatan ini terbuat dari batu dan dibuat langsung oleh manusia.

"Jembatan batu menunjukkan kegigihan umat manusia untuk mengatasi hambatan fisik," kata engineer mekanik, Achilleas Vortselas.

0 comments:

Post a Comment