7 Arsitektur Rumah Paling Unik Sejagat



Di berbagai penjuru dunia ini, banyak bentuk rumah yang unik dan aneh di bangun. Tetapi kita tidak tahu apa yang membuat orang membangun rumah dengan model seperti itu. Seperti halnya rumah-rumah berikut ini ada yang dibangun menyerupai toilet, rumah terbalik dan lain sebagainya. Rupanya tak hanya sekedar sensasi saja, mereka mempunyai sejarah atau cerita yang akan dibagi di rumah ini.

1. Rumah Toilet
daleyancy.blogspot.com

Apa yang merasuki pikiran orang ini dengan membuat rumah menyerupai toilet. Pemilik rumah ini pergi ke arsitek dan mengatakan jika dia ingin tinggal di toilet, dan mencari orang yang bisa mewujudkannya. Adalah Sim Jae-Duck pria yang ingin membuat rumah seperti itu. Kabarnya, dia lahir di kamar kecil, dan akhirnya terinspirasi dari tempat kelahirannya untuk membuat rumah berbentuk toilet. Rumah toilet ini memiliki 2 kamar tidur, ruang tamu dan kamar kecil yang sangat mewah. Rumah ini juga disewakan bagi yang ingin merasakan menginap di rumah toilet.

2. Rumah Kastil


slantblog.blogspot.com / Feb 2006

Dicampakkan oleh tunangannya menjelang pernikahan membuat pria ini memiliki ide kreatif. Dia tidak menjadi pemabuk atau melakukan hal depresi dan negatif semacamnya, melainkan membuat rumah kastil. Pria asal Latvia bernama Edward Leedskalnin ini pindah ke Florida dan membangun rumah dari batu besar yang diambil dari teluk Mexico. Dia membuat rumah itu sendiri tanpa bantuan orang lain. Uniknya, rumah ini dibangun tanpa memakai semen atau campuran plester untuk merekatkan batu tersebut. Satu hal, yang masih menjadi teka-teki adalah bagaimana dia memindahkan batu sebesar itu. Ada yang bilang dia memiliki kekuatan ajaib. Entahlah!

3. Rumah Sempit


blog.urbanindo.com

Rumah milik seorang arsitek bernama Jakub Szczesny di Warsawa, Polandia. Dia merancang rumah ini selama 3 tahun. Sebuah ruangan sempit berukuran tidak lebih dari 1.25 meter yang berada di celah antara dua bangunan ini digunakan sebagai ruang bekerja oleh Jakub, dan selama beberapa hari dalam seminggu ia tinggal di dalam rumah tersebut.

Terletak diantara dua bangunan besar tidak membuat ruang di dalamnya terlihat gelap, dengan atap transparan memungkinkan sinar matahari tetap bisa masuk sehingga ruangan terang dan tidak lembab. Selain itu, rumah ini juga memiliki tangga terbuka dan dinding berjendela supaya tidak mengganggu struktur lingkungan.

4. Crooked House


beer-rock-fest.blogspot.com

Adalah Krzywy Domek ("Cottage Pie" dalam bahasa Polandia). Sebesar 2.032 m² dari luas bangunan, mal, dan bahkan menyerupai rumah dirancang pada tahun 2003 oleh perusahaan Szotynscy & Zaleski yang terinspirasi oleh gambar-gambar dari ilustrator buku anak-anak, desainer, mengatur desainer, pelukis dan direktur TV Polandia Jan Marcin Szancer (1902 -1973), dan juga dalam karya desainer Per Dahlherg - Dane yang, selama bertahun-tahun tinggal di kota. Rumah Melengkung ini berdiri sebagai contoh salah satu arsitektur terbaik yang pernah dibuat. Struktur lengkungnya menjadikannya salah satu rumah paling tak biasa di dunia.

5. Rumah Kayu Pencakar Langit


woohome.com

Rumah yang menjulang tinggi di Siberia ini ternyata dibuat dari kayu. Entah apa yang membuat pria ini membangun rumah seperti itu. Nikolai Sutyagin membangun sendiri rumahnya dengan memasang kayu satu persatu. Tak ada alasan khusus, dia hanya membangun rumah itu secara bertahap hingga tinggi seperti ini. Tak ada sketsa rancangan hanya memasang kayu dan memakunya. Selain itu, rumah ini dilengkapi taman, ballroom dan banyak lagi.

6. Stone House


By: Feliciano GuimarĂ£es

Rumah Batu di Portugal ini merupakan salah satu contoh terbaik elemen alam yang ikut digunakan. Sepintas rumah ini memang sangat unik, dan pasti kita beranggapan bahwa tak ada penghuninya. Jangan salah, sebab rumah itu memang benar-benar berpenghuni.

7. Upside Down House


freshome.com

Upside Down House adalah sebuah proyek yang dibuat oleh seorang pengusaha Polandia dan dermawan bernama Daniel Czapiewski, yang terletak di desa kecil Szymbark. Rumah terbalik ini juga dimaksudkan untuk menjadi sebuah pernyataan yang mendalam tentang era Komunis dan keadaan dunia. Biasanya membutuhkan waktu tiga minggu untuk membangun sebuah rumah, tapi yang satu ini mengambil 114 hari karena para pekerja disorientasi dengan sudut yang aneh dari dinding. Banyak wisatawan yang berkunjung mengeluh sakit kepala dan pusing setelah beberapa menit berada di dalamnya.

0 comments:

Post a Comment