Meski Melarat... Inilah REKOR INDONESIA di Mata Dunia



Indonesia ini, meski melarat banyak juga yang bisa dibanggain. Tapi, meski banyak yang bisa dibanggain, yaaaah, kita-kita tetap aja melarat.

Indonesia punya 23 rekor dunia yakni:

1. Negara kepulauan terbesar yang terdiri dari 17.504 pulau.
KUTAMBAHIN: saking banyaknya pulau, jadi gak berasa pulaunya dirampok satu demi satu

2.Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
KUTAMBAHIN: saking luas perairannya jadi gak berasa orang ngerampok ikan-ikan kita en jual hasil rampokan itu balik ke Indonesia

3.Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia, sekitar 60% penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
KUTAMBAHIN: saking padatnya, pemerintah jadi terengah-engah mikirin pembangunan pedesaan, pelestarian pasar rakyat, dll. Pokoke, KALO ADA YANG MO BANGUN 100 PLAZA LAGI, AYO, 1000 PLAZA LAGI JUGA HAYOOO. En KUTAMBAHIN LAGI: 75% duit Indonesia beredar di Jakarta (konon katanya)

4. Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia.Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis,dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

5.Negara dengan bahasa daerah terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.

6. Negara dengan muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
KUTAMBAHIN: saking banyaknya jamaah hajinya, mereka semua jadi dibisnisin...
(mertuaku bahkan berangkat haji dari Malaysia, karena kalo berangkat dari sana biaya hajinya lebih murah)

7. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

8. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu: Pithecanthropus Erectus’¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

9.Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

10. Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
KUTAMBAHIN: Itu baru namanya punya sikap!!

11. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

12. Penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
KUTAMBAHIN: tapi kita kalo beli gas kok bisa ngantri sampe berhari-hari....? Mana sering hilang lagi dari pasaran.

13. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam(Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
KUTAMBAHIN: tapi nasib kita kok masih gini-gini aja?

14. Pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
KUTAMBAHIN: tapi kita tetep aja gak punya kuku di dunia
internasional

15. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
KUTAMBAHIN: sekaligus punya potensi penghancuran cepat

16. Memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 species.

17. Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

18. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

19. Binatang purba yang masih hidup: Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

20. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

21. Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

22.Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

23. Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

24. Ikan tuna di Pesisir Selatan menurut penelitian merupakan ikan tuna berkualitas terbaik di dunia.
tapi, perikanan kita kok gini-gini aja............?

Labels: Fakta, Record

Thanks for reading Meski Melarat... Inilah REKOR INDONESIA di Mata Dunia. Please share...!

0 Comment for "Meski Melarat... Inilah REKOR INDONESIA di Mata Dunia"

Back To Top