Kereta Paling Cepat di Eropa





Automotrice Grande Vitesse (AGV) Italo merupakan kereta pertama dari generasi jenis AGV yang pernah diciptakan sepanjang sejarah. Kereta asal Italia ini berhasil menyabet gelar tercepat di Eropa dengan kecepatan rata-rata mencapai 360 km/jam.

AGV Italo juga memiliki prestasi lain yang sangat membanggakan yaitu menjadi kereta dengan kecepatan tertinggi ketiga di dunia. Terang saja, kecepatannya pernah menempati rekor tertinggi di dunia saat kendaraan tersebut melaju 574,8 km/jam.

Kabarnya, AGV Italo tetap akan menjadi jagoan Eropa hingga 2015 setelah kereta baru lahir. Kereta itu adalah Frecciarossa 1000 yang kini tengah dalam proses penyelesaian.

Tak hanya menjadi yang tercepat di Eropa, AGV Italo juga merupakan kereta paling modern kala itu di kawasannya. Bagaimana tidak, sebanyak 98% komponennya ternyata bisa didaur ulang dan biayanya juga jauh lebih murah dari kereta lain yang sejenis.

Penasaran dengan kemampuan AGV Italo membelah Eropa dalam waktu singkat? Berikut ulasan mengenai ketangguhan AGV Italo seperti dikutip dari Railway Technology, Gulf Business, dan Italian American Journal, Senin (5/5/2015).

0 comments:

Post a Comment