Mal Paling Unik di Thailand




Apa jadinya jika sebuah mal yang telah lama ditutup menjadi sebuah kolam yang dipenuhi oleh banyak ikan? Pemandangan inilah yang akan Anda dapatkan ketika mengunjungi New World Mall di Bangkok, Thailand.

The New World Mall ditutup pada tahun 1997, dengan alasan pelanggaran bangunan. Namun di tahun 1999, pusat perbelanjaan ini mengalami insiden kebakaran yang menghanguskan isi dalam mal termasuk bagian atapnya.

Air hujan yang turun tiap musimnya, tanpa terasa perlahan-lahan mengisi gedung dengan air. Alhasil gedung ini dipenuhi bibit nyamuk.

Karena dipenuhi nyamuk yang bersarang, penduduk sekitar memasukan sejumlah ikan mas di dalamnya. Ribuan ikan berkembang sangat cepat dan segera mengisi lantai bawah mal. Mereka berenang bebas di gedung seluas 5.000 meter persegi itu, termasuk di sekitar eskalator.

Kini pusat perbelanjaan tersebut disulap menjadi tempat wisata. Warga sekitar mal juga meraup berkah dari penjualan makanan ikan. Mereka yang datang pun dilarang membuang sampah di dalam kolam untuk menjada ekosistem ikan.

"Di dalam mal terlihat sangat tenang, tapi saya dapat mendengar cipratan air dari luar jalan raya," ujar seorang turis yang berkunjung, dilansir Daily Mail.

0 comments:

Post a Comment