Akuarium-Akuarium Paling Besar Sedunia



Pernah membayangkan masuk ke dalam laut dan melihat aneka jenis biotanya dari jarak dekat? Jangan sedih, semua bisa Anda rasakan di akuarium terbesar di dunia. Meski hanya akuarium, turis dijamin seolah berada di laut sungguhan.

Dari masing-masing situs asli, inilah akuarium-akuarium paling besar di dunia:

Dubai Mall Aquarium, UEA

Dubai Mall adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Tak hanya besar, mal ini juga menarik perhatian karena memiliki akuarium di tengah mal.

Fantastisnya, akuarium ini mampu menampung 10 juta liter air dan dihuni oleh 33.000 makhluk hidup. 400 Hiu dan ikan manta jadi termasuk penghuni di sana. Ia pun menyandang gelar sebagai panel akrilik terbesar di dunia.

Hengqin Ocean Kingdom, China

Hengqin Ocean Kingdom di Hengqin, Guangdong, China menyabet gelar sebagai akuarium terbesar di dunia seperti yang tercatat dalam situs Guinness World Records. Akuarium ini menyandang 5 gelar sekaligus, tanki akuarium terbesar, kubah bawah air terbesar, tanki akuarium terbesar, panel akrilik akuarium terbesar dan jendela akuarium terbesar sedunia.

Ada 7 area tematik yang bisa turis kunjungi saat datang ke Hengqin Ocean Kingdom. Masing-masing mempresentasikan tiap samudera. Salah satu area yang bisa didatangi adalah Ocean Wonders. Area ini memiliki Whale Shark Exhibit yang berisi hiu paus.

Okinawa Churaumi Aquarium, Jepang

Okinawa Churaumi Aquarium berada di dalam Ocean Expo Park, Jepang. Akuarium ini pertama kali dibuka pada tahun 2002 dengan atraksi utama yang disebut Kuroshio Sea. Kuroshio Sea mampu menampung air sampai 7,5 juta liter air.

Ketika baru pertama kali dibuka, akuarium ini menjadi akuarium dengan panel terbesar. Namun sayang, keberadaannya kalah saing dengan akuarium milik Dubai Mall Aquarium.

Berdiri di depan Kuroshio Sea, turis bisa melihat hiu paus dan pari manta berenang bebas seolah laut lepas. Berdirilah, dan pandangi dengan puas kecantikan yang disuguhkan.

Monterey Bay Aquarium, AS

Monterey Bay Aquarium berada di Monterey, California, AS. Tempat ini memiliki tangki akuarium besar. Salah satu akuarium terbesarnya memiliki tinggi 10 meter dengan volume 1,3 juta liter air. Akuarium besar lain di Monterey Bay mampu menampung 4,5 liter.

Akuarium ini memamerkan aneka jenis ikan laut, seperti pari, ubur-ubur, dan biota laut lainnya. Anda pun akan merasa seolah berada di dunia bawah laut.

0 comments:

Post a Comment