Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

5 Momen Paling Mengesankan di Pelantikan Jokowi



Senin, 20 Oktober 2014, Jokowi resmi menjadi Presiden Republik Indonesia. Ia dan wakilnya, Jusuf Kalla, sudah membacakan sumpahnya sebagai presiden di gedung MPR.

Selama acara berlangsung, ada momen-momen yang mengesankan. Apa saja? Berikut 5 momen paling mengesankan di pelantikan Jokowi yang kami rangkum.

1. Prabowo Beri Hormat

Jokowi menyapa Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa yang hadir dalam pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI, Senin (20/10/2014). Prabowo menyambut hal itu dengan berdiri dan hormat.

Hal itu terjadi ketika Jokowi memberikan pidato pertamanya seusai dilantik menjadi Presiden ketujuh RI. Mengawali pidatonya, Jokowi menyapa setiap tamu kehormatan dalam acara itu, antara lain mantan presiden dan wakil presiden RI.

Setelah itu, Jokowi secara khusus menyapa Prabowo, rivalnya dalam Pemilu Presiden 2014. “Yang terhormat, rekan dan sabahat saya Bapak Prabowo Subianto,” kata Jokowi.

Menanggapi hal itu, Prabowo langsung berdiri dan memberikan hormat ke arah Jokowi. Hadirin menyambutnya dengan tepuk tangan. Jokowi melanjutkan dengan menyapa Hatta. Hatta pun tersenyum dan hadirin kembali bertepuk tangan.

2. Jokowi-JK Bersumpah


Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengucapkan sumpahnya sebagai presiden dan wakil presiden di ruang sidang paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/10/2014).

Jokowi yang mendapat giliran pertama untuk mengucap sumpah di muka ruang sidang. Jokowi kemudian membaca sebaris naskah yang tertulis dalam sebuah map merah. Di bawah kitab suci Al Quran, Jokowi menyatakan sumpahnya untuk memenuhi kewajibannya sebagai presiden RI sebaik-baiknya.

Dalam sumpahnya, Jokowi berjanji akan memegang teguh Undang-undang Dasar 1945 serta berbakti pada nusa dan bangsa.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Serta memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti pada nusa dan bangsa,” kata Jokowi dalam sumpahnya.

Setelah Jokowi mengucapkan sumpahnya, giliran Jusuf Kalla yang mengucapkan sumpah sebagai wakil presiden. Seusai Jokowi-JK mengucap sumpah jabatan, resmilah keduanya menjadi presiden dan wakil presiden RI untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

3. Tamu Bergembira dan Terharu


Puluhan tamu undangan yang mengikuti jalannya proses pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Senin (20/10/2014), bersorak gembira setelah Jokowi dan JK selesai mengucapkan sumpah jabatannya.

Meski hanya menyaksikan prosesi bersejarah itu dari layar lebar di Kompleks Parlemen, tetapi mereka tetap antusias mengikuti jalannya pelantikan.

Mereka awalnya tampak begitu khidmat mendengarkan Jokowi dan JK membacakan sumpah jabatannya. Tak sedikit di antara mereka yang tak bisa menahan haru bahagia.

Sorak-sorai tepuk tangan langsung membahana dari sekitar 200 orang tamu yang melakukan nonton bareng ini. Di jajaran terdepan, seorang nenek bahkan tak henti-hentinya bertepuk tangan. Senyum lebarnya terus mengembang hingga menampakkan gigi ompongnya.

Dua orang ibu di jajaran terdepan pun terus-menerus mengusap air mata dari pipinya. Teriakan kegembiraan tak terbendung saat Ketua MPR Zulkifli Hasan menetapkan secara resmi Jokowi dan JK sebagai presiden dan wakil presiden RI.

4. Cipika-cipiki Ani-Iriana
Prosesi tanda tangan berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2014-2019 di Ruang Sidang Paripurna I, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/10/2014) telah rampung. Joko Widodo dan Jusuf Kalla pun telah resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Usai penandatanganan berita acara pelantikan tersebut Ani Yudhoyono mengucapkan selamat kepada ibu negara yang baru, Iriana Widodo. Ani yang mengenakan kebaya biru bangkit dari kursi lalu menyalami dan mencium pipi Iriana yang berkebaya oranye.



Hal yang sama juga ditunjukkan oleh Jokowi dan SBY. Usai menandatangani berita acara, Jokowi terlihat berjalan ke arah kursi presiden yang berada di sisi sebelah kanan kursi pimpinan MPR. Sesaat sebelum sampai di kursi tersebut, SBY terlihat berdiri menyambut Jokowi.

SBY kemudian langsung memeluk mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan hangat. Tak lupa pula kedua orang itu saling “cipika-cipiki”. Setidaknya aksi itu dilakukan sebanyak tiga kali hingga akhirnya mereka kembali ke kursi masing-masing.

5. Bertukar Kursi Presiden
Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019. Begitu usai membacakan sumpah dan menandatangani berita acara, Jokowi bertukar tempat duduk dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Begitu pula Jusuf Kalla, ia bertukar posisi duduk dengan Boediono.

Jokowi dan SBY duduk bersebelahan di bagian kanan podium Ruang Paripurna I Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, tempat pelantikan itu berlangsung. SBY duduk di sebelah kanan dan Jokowi di sebelah kiri. Begitu pula Boediono dan Jusuf Kalla. Jusuf Kalla duduk di samping kiri panggung, Boediono duduk di kanan.

Tepat pukul 10.20 WIB, Jokowi membacakan sumpah presiden dan disusul pembacaan sumpah oleh JK. Setelah itu, Jokowi-JK menandatangani berita acara pelantikan presiden-wakil presiden.

Selanjutnya, Jokowi dan JK kembali ke kursi utama. SBY yang saat itu sudah tidak menjabat presiden berdiri dan pindah posisi duduk di sebelah kiri sambil menyilakan Jokowi duduk di kursi di sebelahnya. Begitu pula Boediono bergantian duduk di sebelah kiri.

Prosesi itu mendapat sambutan meriah dari hadirin yang datang ke acara tersebut. Ketika SBY dan Jokowi berpelukan, hadirin bertepuk tangan selama beberapa detik. Sambutan itu terus berlanjut hingga keduanya berdiri cukup lama.

Labels: Foto, Politik

Thanks for reading 5 Momen Paling Mengesankan di Pelantikan Jokowi. Please share...!

Back To Top