Negara-Negara Paling Korup Sedunia



Transparacy International merilis daftar lengkap negara-negara paling korup di dunia tahun lalu. Peringkat didasarkan atas skala 0 – 100, dimana mulai peringkat 0 adalah negara dengan predikat paling korup sedunia dan peringkat 100 adalah negara dengan predikat paling sedikit terindikasi korupsi.

Dan inilah negara paling korup di dunia seperti yang dirangkum oleh Transparancy International:

1. Somalia

Photo by Phil Moore/AFP/Getty Images

Peringkat korupsi: 8
Kehidupan di Somalia sangatlah sulit. Di sisi ekonomi, banyak orang mencari nafkah dari memelihara hewan ternak atau pertanian, dan sebagian lagi dengan memancing. Menurut data World Bank, hanya 29% dari jumlah populasi warga Somalia yang mengenyam dunia pendidikan di sekolah, dan harapan hidup di negara tersebut hanya sampai 55 tahun.

3. Afghanistan

Photo by Scott Olson/Getty Images

Peringkat korupsi: 8
Negara ini secara bebas dipegang bersama oleh pemerintah pusat yang sebagian besar tidak memiliki kekuatan. Mantan Presiden Hamid Karzai juga terkenal korup, dimana baru-baru ini dia ditangkap atas tuduhan mengambil sejumlah uang dari militer Amerika. Selain itu, Afghanistan juga merupakan rumah bagi sejumlah produksi heroin di dunia.

4. Sudan

Photo by Ashraf Shazly/AFP/Getty Images

Peringkat korupsi: 11
Menurut CIA, Pemerintahan negara terdaftar sebagai Republic federal, yang diatur oleh Partai Kongres Nasional. NCP berkuasa setelah kudeta pada tahun 1989, dan belum bisa memperbaiki masalah-masalah bangsa.

5. Iraq

Photo by Karim Sahib/AFP/Getty Images

Peringkat korupsi: 16
CIA memasukkan daftar pemerintahan Iraq sebagai demokrasi parlementer, tetapi legitimasi dari pemerintah tersebut masih diperdebatkan. Dan pasti ada sedikit perdebatan mengenai apakah korupsi telah mengakar di negeri tersebut atau tidak. karena hasil kekayaan dan sumber daya alam yang melimpah telah menjadi target untuk semua industri dan perang mencari keuntungan.

Anda bisa melihat selengkapnya mengenai informasi peringkat negara-negara terkorup lainnya di situsTransparacy.org

0 comments:

Post a Comment