Sumber Aspal Paling Besar di Dunia



Danau satu ini unik sekali. Tidak seperti danau biasanya yang diisi air, danau ini seluruhnya terbuat dari aspal! Danau yang disebut Danau Pitch ini bahkan menjadi sumber aspal terbesar dunia.

Danau Pitch terletak di sebelah barat laut Trinidad, tepatnya di Desa La Brea. Danau ini merupakan danau aspal terbesar di dunia, dengan luas hingga 41 hektare dan kedalamannya mencapai 75 meter. Demikian seperti dikutip dari OddityCentral, Selasa (7/1/2014).

Aspalnya masih sangat cair, namun permukaannya semi solid sehingga Anda bisa berjalan di atasnya. Namun, di beberapa area danau, aspal ini melembut sehingga dapat membuat Anda sedikit tenggelam ketika menginjaknya.

Meskipun danau ini tampak diam tak berarus, sebenarnya aspal di dalamnya masih bergerak secara alami, dalam gerakan mengaduk. Danau ini terbentuk ribuan tahun lalu oleh proses subduksi, ketika jalur patahan bumi menyebabkan minyak naik ke permukaan.

Danau ini cukup populer, sekira 20 ribu wisatawan datang setiap tahunnya. Kadang-kadang wisatawan berenang karena percaya danau ini dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Kini, selain dijadikan sebagai atraksi wisata, danau ini juga menjadi tempat pertambangan aspal. Sebagai keajaiban alam, danau ini memiliki nilai sosial dan ekonomi yang besar untuk penduduk desa ini.















0 comments:

Post a Comment