6 Masjid Paling Tua di Indonesia



1. Masjid Saka Tunggal



Masjid pertama yang sudah berusia hampir 900 tahun ialah Masjid Saka Tunggal yang ada di Wangon Jawa Tengah. Masjid ini dibangun tahun 1288 Masehi oleh Kyai Mustolih. Ihwal pembangunan masjid ini sendiri banyak dibahas dalam buku-buku kiri yang dulunya menjadi bagian koleksi masjid namun sayang sekarang buku-buku tersebut telah banyak yang hilang. Di masjid ini setiap tanggal 27 Rajab kerapkali diadakan ziarah masjid dibarengi membersihkan makam Kyai Jaro Mustolih yang berdekatan dengan masjid. Mengapa disebut Saka Tunggal? Karena masjid ini hanya ditopang oleh satu tiang yang melambangkan bahwa "Allah itu hanya satu dan tiada sekutu bagi-Nya".

2. Masjid Wapauwe



Masjid berikutnya yang berusia sangat tua ialah Masjid Wapauwe yang didirikan pada tahun 1414. Masjid ini masih menyimpan banyak peninggalan berupa drum, al-Quran yang ditulis tangan, sebuah batu yang beratnya sekitar 2,5 kg, dan huruf arab yang ditulis di bagian dindingnya. Hingga kini masjid masih difungsikan sebagai tempat ibadah warga sekitar. Bedug yang ada di sini jika dipukul maka suaranya akan terdengar sampai ke seantero kampung sehingga mampu mengundang banyak jemaah untuk sholat berjamaah.

3. Masjid Ampel



Masjid Ampel merupakan sebuah masjid yang didirikan oleh Sunan Ampel di Surabaya Jawa Timur. Masjid ini sendiri telah berusia hampir 700 tahun (dibangun pada 1421). Didekat masjid ini terdapat makam Sunan Ampel. Kini masjid agung ini dijadikan sebagai salah satu lokasi tujuan wisata religi karena memang memiliki bangunan yang unik dan menarik dengan arsitektural Arab dan Tiongkok. Di bagian kiri masjid ada sebuah sumur tua (mungkin sama tuanya dengan usia masjidnya) yang dipercaya memiliki tuah.

4. Masjid Agung Demak



Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid di Demak Jawa Tengah yang dipercaya didirikan oleh Raden Patah. Sejarah masjid ini sangat panjang sehingga eksistensinya wajib dipertahankan hingga kini. Banyak ahli sejarah yang memercayai kalau masjid ini pernah dijadikan tempat berkumpulnya para Wali Songo untuk membahas penyebaran agama Islam ke seluruh nusantara. Masjid ini sendiri memiliki bangunan induk dan serambinya. Bangunan induk masjid memiliki Saka Guru atau empat tiang utama. kemudian bangunan serambi merupakan bangunan terbuka dengan bagian atapnya berbentuk limas dan ditopang oleh sekitar 5 tiang. Di dalam kompleks masjid ini terdapat makam-makam para Raja Demak serta sebuah museum yang berisikan aneka hal berkaitan dengan kesejarahan Masjid Demak ini.

5. Masjid Sultan Suriansyah



Masjid ini didirikan pada tahun 1526. Masjid ini juga termasuk masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid Sultan Suriansyah dibangun oleh Tuan Guru yang merupakan Raja Banjar pertama yang memeluk Islam. Bangunan masjid ini memiliki keunikannya tersendiri dimana mihrabnya terpisah dengan bangunan utama masjid. Kalau ke Kalimantan sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi masjid tua ini.

6. Masjid Menara Kudus



Sebagaimana namanya, Masjid Menara Kudus ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 silam. Masjid ini menggunakan batu yang diambil langsung dari Baitul Maqdis Palestina. Di masjid ini terdapat perpaduan budaya arsitektural antara Islam dan Hindu. Menara masjidnya berbentuk candi. Itulah beberapa masjid tertua yang bisa Anda temukan di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment