Desain Paspor Paling Keren Sedunia

Paspor bukan sekadar dokumen traveling belaka. Dengan kreativitas, paspor juga bisa didesain dengan keren. Warga Norwegia punya paspor baru dengan gambar aurora, yang hanya muncul jika paspornya ditaruh di bawah lampu UV!



Paspor baru ini didesain oleh Neue Design Studio. Bagian luarnya minimalis dengan logo negara Norwegia di bagian kiri atas. Ada cover merah untuk warga, biru untuk diplomat, dan abu-abu muda untuk imigran.

Semua halaman di bagian dalamnya bergambar puncak-puncak es, lengkap dengan matahari yang bergambar lingkaran. Tampak seperti pemandangan di Arktik yang memang dekat dengan Norwegia.

Namun jika Anda menaruh lembaran paspor tersebut di bawah lampu sinar UV, beda lagi pemandangannya. Halaman tersebut seperti berubah gambar, menjadi Aurora di tengah langit malam yang gelap. Lingkaran matahari pun seperti berubah menjadi bulan.

"Alam selalu menjadi bagian penting dari Norwegia," tutur juru bicara Neue Design Studio seperti dilansir dari CNN, Rabu (19/11/2014).

Gambar inilah yang akan selalu dilihat petugas imigrasi bandara, saat memeriksa paspor di bawah lampu sinar UV. Mungkin, petugas yang hatinya paling keras sekalipun akan lumer dibuatnya!

Pembuatan paspor dengan lembaran 'rahasia' ini bukan tanpa sebab. Pihak Kepolisian Nasional Norwegia memang meminta Neue Design Studio untuk membuat konsep baru untuk paspor. Tak hanya unik, tapi juga memperketat keamanan dan keaslian paspor warga Norwegia.

Pihak Neue Design Studio mengatakan, akan ada beberapa tambahan lagi sebelum desain tersebut dirilis. Kira-kira kapan Indonesia punya paspor sekeren ini ya?






Labels: Kreatif, Unik

Thanks for reading Desain Paspor Paling Keren Sedunia. Please share...!

0 Comment for "Desain Paspor Paling Keren Sedunia"

Back To Top