Hewan-Hewan Dengan Kaki Paling Banyak



Kaki seribu masih memegang rekor sebagai hewan dengan kaki terbanyak, lalu apakah ada hewan lain yang hampir menyamai jumlah kaki seribu? Ternyata beberapa hewan ini juga mempunyai jumlah kaki yang ekstrim.

1. Kaki Seribu Illacme plenipes (Mempunyai 750 Kaki)

Ini adalah jenis kaki seribu yang ditemukan di California. Jumlah kaki yang dimiliki hewan ini sejumlah 750, tetapi sebagian besar hanya berjumlah 600 namun masih tetap menjadikan hewan ini sebagai hewan dengan kaki terbanyak. Kaki seribu ini merupakan bagian dari keluarga Arthropoda phylum yang secara harfiah berarti kaki bersendi.

2. Lipan-Himuntarum Gabrielis (Mempunyai 354 kaki)

Lipan ini masih termasuk dalam jenis keluarga anthropodes yang secara harfiah berarti kaki bersendi. Mereka dikenal memiliki jumlah kaki yang ganjil, walaupun hanya sebagian kecil yang mempunyai jumlah kaki genap. Lipan ini memiliki wajah bulat dan datar dengan antena di depan dan mempunyai 4 rahang.

3. Lipan-Haploophilus subterraneus (Mempunyai 178 kaki)

Lipan ini biasanya bersembunyi di bawah pot dan batu, lipan ini termasuk lipan yang agresif saat berburu dan mempunyai sistem pertahanan diri uang lebih baik dari jenis lipan lain. Selain itu, gerakannya cukup lincah karena 178 kaki yang menempel di tubuhnya.

4. Kaki seribu milipedes (Mempunyai 30 kaki)

Kaki seribu ini berbeda dengan kaki seribu no. 1 diatas. Ukuran tubuhnya lebih kecil sehingga jumlah kakinya pun juga tidak seperti kaki seribu besar, dia hanya mempunyai 30 kaki. Merupakan salah satu spesies kaki seribu yang memiliki sedikit kaki dari 10.000 spesies sejenisnya.

5. Lipan Symphyians (Mempunyai 24 kaki)

Spesies lipan yang satu ini sering kita temui di tempat-tempat lembab dan dibawah batu. Lipan ini berukuran lebih kecil dari spesies sejenisnya tetapi mempunyai tubuh yang lebih mengkilat dibanding yang lain.

0 comments:

Post a Comment