Jenis Gangguan Tidur Paling Langka

Sebagaimana yang dilansir oddee.com berikut ini ada beberapa orang di ketahui memiliki gangguan aneh saat tertidur. Beberapa keadaan memang tak ditemukan penyebab maupun obatnya. Kira-kira seperti apa ya kisah gangguan tidur yang menggemparkan ini? Yuk, kita simak bersama!

1. Mengalami Lumpuh Saat Tidur



Bisa jadi beberapa dari Anda tentu tahu dan pernah merasakan yang namanya kelumpuhan saat tertidur. Ya, saat tertidur seseorang kerap mengalami kelumpuhan yang membuatnya tak bisa menggerakkan tubuh sedikitpun.

Namun lebih buruk lagi, ternyata kelumpuhan tidur sering bertepatan dengan halusinasi tingkat tinggi. Pada studi di tahun 1999, 75 persen mahasiswa mengalami halusinasi yang datang bersamaan tatkala sedang lumpuh saat tertidur. Mereka seolah terbangun dan melakukan atau melihat banyak aktivitas, namun tetap sadar bahwa tubuh mereka tak bisa digerakkan.

Meski masih belum diketahui jelas apa penyebab dari penyakit ini. Akan tetapi sebagian rakyat China justru mempercayai hal ini sebagai kedatangan hantu yang menekan tubuh Anda untuk tak mampu bergerak.

2. Tertidur Ketika Sedang Beraktivitas



Ada kemungkinan ini merupakan gangguan tidur paling aneh dan juga yang pernah dikenal. Ya, Narkolepsi merupakan gangguan di mana orang-orang akan tertidur secara tiba-tiba bahkan sebelumnya mereka senang beraktivitas. Kegiatan yang mereka lakukan bahkan merupakan kegiatan sehari-hari seperti jogging, mengemudi dan juga mencuci piring.

Sebetulnya Narkolepsi adalah gangguan tidur neurologis yang umumnya terjadi pada waktu random atau tak tentu. Penyebab penyakit ini masih belum diketahui hingga kini. Namun dalam mengobatinya, ada baiknya untuk mengonsumsi stimulan atau bahkan anti depresi dan juga obat hipnotik seperti Xyrem.

3. Meninggal Dunia Ketika Sedang Tidur



Mungkin Anda tak akan pernah percaya dengan kondisi aneh yang juga merupakan gangguan tidur ini. Ya pasalnya, gangguan yang Sudden Unexpected Nocturnal Death Syndrome ini sangat tak masuk akal. Penyakit tidur yang terjadi lebih banyak pada pria ini dapat membuat seseorang tertidur dan bahkan tak membuka mata untuk selama-lamanya.

Hingga saat ini penyakit tersebut masih tak diketahui penyebab dan pengobatannya. Seseorang yang sehat bugar, tiba-tiba saja kehilangan nyawa tatkala tertidur. Dan hal ini banyak terjadi di daerah Asia Tenggara. Juga dipercaya oleh masyarakat Laos sebagai rasa haus roh jahat terhadap nyawa manusia, terutama pria.

4. Sleeping Beauty


Disaat gadis berusia 15 tahun bernama Louisa Ball ini tidur siang, maka ia akan tidur dalam jangka waktu yang lama. Dan ketika ia tidur, tak akan ada seorang pun yang dapat membangunkannya atau bahkan membuatnya bergerak sedikitpun. Kondisi yang dialami oleh gadis Inggris ini merupakan kondisi langka yang disebut dengan Sleeping Beauty, namun tentu tak ada pangeran yang akan membangunkannya.

Akan tetapi setelah diperiksakan, justru tak ada satu pun dokter yang mengetahui obat yang tepat untuk penyakit itu. Bahkan, menurut pengalaman, penyakit yang diderita Louisa ini hanya akan terjadi pada gadis seusia 8 hingga 12 tahun. Yang lebih mengejutkannya lagi, Lousia bahkan pernah tertidur selama 13 hari berturut-turut! Dan masih tak diketahui apa penyebab dan jalan keluar penyakit ini.

5. Makan Ketika Sedang Tidur



Nocturnal Sleep-Related Eating Disorder (NSRED) merupakan gangguan makan dan tidur yang terjadi pada seseorang. Yakni kondisi di mana seseorang kerap kali mengonsumsi banyak makanan tatkala dirinya sedang dalam keadaan tidur dan tak sadarkan diri.

Lesley Cusack adalah seorang ibu rumah tangga berusia 55 tahun yang sama sekali tak menyadari saat ia sedang terbangun tengah malam untuk makan. Lebih parahnya lagi, Lesley juga mampu memasak dalam keadaan tak sadarkan diri. Namun ia juga tak menapik jika ia sadar telah melakukan hal tersebut saat dirinya terbangun dan melihat dapur yang sudah berantakan.

6. Somnambulistic Eating



Seorang wanita bernama Anna Ryan tidak pernah tahu mengapa berat badannya bisa tiba-tiba bertambah 27 kilogram. Ia mulai menyadari dan memeriksa ke dokter setelah merasa lelah berkepanjangan (plus kekenyangan pastinya) setiap bangun tidur. Padahal, ia merasa kualitas tidur malamnya sudah bagus.

Kemudian setelah dokter Scott Eveloff memeriksa kondisinya, barulah diketahui bahwa ia menderita NSRED (Nocturnal Sleep-Related Eating Disorder) atau disebut juga SRED (Sleep Related Eating Disorder). Yaitu suatu kondisi makan banyak saat tidur tanpa menyadarinya.

Sebetulnya penderita NSRED bisa menguras kulkas dan menghabiskan makanan walau masih dalam keadaan tidur nyenyak. Namun selain NSRED, ada pula yang disebut NES (Night Eating Syndrome). Akan tetapi, penderita NES menyadari kalau sedang makan sehingga bisa bangun dari tidurnya dan merasa aneh, mengapa tiba-tiba ada makanan dalam mulutnya.

7. Tertidur Setiap Kali Tertawa



Sementara Claire Scott justru memiliki kelainan langka yang membuat ia harus tertidur setiap dirinya tertawa. Tak tanggung-tanggung, bahkan ibu ini memiliki dua kondisi langka pada dirinya sekaligus loh. Yakni saat dirinya tertawa, ia akan tertidur, dan bahkan saat ia mulai cekikikan, ia akan terjatuh pingsan.

Adapun gangguan yang bernama Cataplexy ini merupakan penyakit yang terjadi pada 5 dari 10 ribu orang di dunia. Dan yang lebih mengejutkan, Claire mengatakan bahwa ia sadar tatkala akan jatuh pingsan saat sedang tertawa cekikikan. Tapi sayang, ia malah tak pernah bisa mengontrol keinginannya untuk terjatuh tak sadarkan diri.

Labels: Aneh, Kesehatan

Thanks for reading Jenis Gangguan Tidur Paling Langka. Please share...!

0 Comment for "Jenis Gangguan Tidur Paling Langka"

Back To Top