5 Taipan Paling Dermawan Sedunia

Setidaknya ada lima taipan melakukan kegiatan sosial patut mendapat pujian. Mulai dari traktir makan warga miskin hingga membuatkan mereka rumah gratis. Sifat inilah yang disukai Tuhan, walau kaya mereka tidak pelit dan tetap dermawan sebab harta hanya titipan sang kuasa.

Dilansir dari pelbagai sumber seperti koran the Daily Mail, Mirror, dan situs listverse.com, ini lima taipan dermawan. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Miliuner China traktir warga miskin dan beri uang



Chen Guangbiao menjadi pembicaraan warga Amerika Serikat terutama saat dia mentraktir sekitar 200 gelandangan Negeri Adidaya itu di sebuah restoran mewah di Kota New York. Selain itu dia juga membagikan uang pada para tunawisma masing-masing sekitar Rp 1,2 juta.

Chen ingin mengubah pandangan warga Barat kalau orang China itu boros dan gemar belanja barang mewah. Chen juga berasal dari keluarga tak mampu pada awalnya sehingga kegiatan amal ini mengingatkan dia agar selalu hidup sederhana dan membantu sesama.

2. Taipan China bikin rumah buat tetangga



Kemarin sejagat dikejutkan oleh kedermawanan taipan China bernama Xiong Shuihua. Dia membagi-bagikan rumah mewah pada seluruh warga di kampung halamannya.

Ceritanya, saat dia remaja para tetangganya sering membantu kehidupan keluarga Xiong. Mereka juga kerap meminjami keluarga Xiong sejumlah uang. Setelah lelaki itu berbisnis dan sukses dia tak lupa membalas budi dan jasa para tetangganya itu apalagi sebagian besar mereka masih hidup miskin.

Tak cuma membagikan rumah mewah, Xiong juga menyediakan makanan mewah bagi para lansia tiga kali sehari. Dia mengatakan tak akan pernah lupa dari mana dia berasal. Dia juga tak akan lupa jasa orang-orang yang kerap membantunya saat masih kesulitan.

3. Orang kaya Inggris bagi-bagi rezeki di Uganda



Milyuner asal Inggris bernama Jon Pedley mengalami kecelakaan pada 2002 dan membuat dia dekat pada kematian. Namun dia sungguh beruntung nyawanya masih selamat. Sejak itu dia menjadi lebih dermawan dan sering membagi-bagikan rezeki terutama pada warga Uganda.

Dia terpanggil menjadi pekerja kemanusiaan di negara miskin itu. Dia sampai menjual bisnis dan peternakannya hingga terkumpul sekitar Rp 700 juta lalu memulai proyeknya di Uganda dengan mendirikan rumah singgah dan menolong warga lokal dalam berbisnis kecil-kecilan. Dia bahkan mempunyai gubuk kecil untuk tempat tinggal selama di sana.

4. Pebisnis Rusia sering bersedekah dan kini jadi pendeta



Yevgeny Pushenko seorang milyuner asal Rusia yang mengubah jalan hidupnya dari seorang pebisnis menjadi pendeta. Padahal dia mempunyai sekitar 50 perusahaan dan bisnisnya sedang laris-larisnya.

Dia meninggalkan perusahaan untuk dikelola oleh rekan-rekannya dan berjalan sekitar 15 ribu kilometer menuju Yerusalem. Sepanjang jalan dia memberikan makan pada orang-orang miskin ditemuinya dan memberi mereka sejumlah uang serta pakaian.

5. Orang kaya Amerika berikan uang sampai ginjal ke orang lain



Zell Kravinsky dikenal sebagai taipan asal Amerika Serikat yang cukup kontroversial. Pada 2001 dia merasa cukup menjadi orang kaya dan mulai mendonasikan uangnya ke pelbagai yayasan sosial. Bukan hanya itu dia juga membagikan tanahnya pada seluruh keluarga dia.

Uang dan tanah sudah dibagi-bagikan namun Kravinsky masih mendermakan ginjalnya untuk orang asing yang membutuhkan pertolongannya. Dia mengaku menjadi lebih baik setelah hidup dengan berbagi rezeki pada orang lain.

Labels: Inspiratif

Thanks for reading 5 Taipan Paling Dermawan Sedunia. Please share...!

0 Comment for "5 Taipan Paling Dermawan Sedunia"

Back To Top