Jalanan Paling Unik di Dunia



Di dunia ternyata ada banyak jalan yang mungkin bisa dibilang unik dan ngga bakal ada di tempat lain. Sebagian jalan ini mungkin ngga dirancang sebagai tempat wisata, namun tetep aja unik di mata orang-orang. Simak 10 jalan terunik di dunia berikut ini.

1. Gravity Hills (Ada di Banyak Kota Dunia)


Ada banyak tempat seperti ini di dunia. Ketika kamu memarkir mobilmu di kaki gravity hill atau bukit gravitasi tanpa rem tangan, mobil tersebut seolah-olah akan bergerak mendaki bukit dan bukan menurun. Hal ini disebabkan ilusi optik melalui tempat-tempat di sekitarnya. Di Indonesia tempat seperti ini ada di Limpakuwus, Banyumas Jawa Tengah.

2. Ebenezer Place (Skotlandia)


Ini adalah jalan terpendek di dunia yang sudah ada sejak tahun 1887. Jalan ini hanya sepanjang 2,06 meter jauhnya dan hanya ada satu rumah yang berdiri di sana.

3. Pan American Highway (Amerika)


Kalau Ebener Place jadi jalan terpendek di dunia, maka ini adalah jalan raya terpanjang di dunia. Jalan raya ini menghubungkan negara-negara di benua Amerika dan membentang sepanjang 48.000 kilometer. Jalan raya melewati 15 negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Peru, Argentina, dan El Salvador.

4. Parliament Street (Inggris)


Ada juga jalan tersempit di dunia, tepatnya terletak di Exeter, Inggris. Lebar jalan ini tidak lebih dari 0.64 meter. Jalan ini sudah ada sejak tahun 1300-an.

5. Jalan Menuju Piramid Giza (Mesir)


Ini adalah jalan aspal tertua di dunia! Jalan dengan panjang 7.5 mil ini sudah berusia lebih dari 4.600 tahun. Jalan ini membentang dari barat daya Kairo menuju dermaga Danau Moeris yang terhubung ke sungai Nil.

6. 9 de Julio Avenue (Argentina)


Argentina jadi negara pemilik jalan raya terluas di dunia. 9 de Julio Avenue yang berarti 9th July Avenue (hari kemerdekaan Argentina) memiliki total 6 jalur yang meliputi seluruh blok dalam kota. Banyak landmark terkenal sepanjang jalan ini seperti gedung tua Kedutaan Besar Perancis, patung Don Quixote, tugu obelisk dan Plaza de la Rep├║blica.

7. Lombard Street (Amerika Serikat)


Lombard Street ini adalah jalanan paling berliku di dunia. Jalan yang lumayan curam ini memiliki 8 tikungan yang lumayan tajem. Ngga tanggung-tanggung, tikungannya pun berentet. Tapi liat pemandangan di sekitarnya, ajib!

8. The Magic Roundabout (Inggris)


Ini mungkin jadi jalan lingkar paling ruwet sekaligus paling ngeselin yang pernah ada. Jalan bundar ini punya 5 bundaran kecil juga di sekitarnya. Ketika melewati jalan ini kamu kudu berputar berlawanan arah jarum jam di lingkaran besar untuk masuk lingkaran kecil yang akan kamu tuju. Ribet ya!

9. Savoy Court (Inggris)


Kayak di Indonesia, ketika berkendara di Inggris kamu harus berada di lajur sebelah kiri. Namun di jalan Savoy Court kamu bisa ngelakuin sebaliknya. Ini adalah satu-satunya jalan di Inggris di mana kamu boleh berkendara di lajur sebelah kanan.

10. Baldwin Street (New Zealand)


Banyak jalan terjal di New Zealand karena beberapa kotanya yang dibangun di area perbukitan. Termasuk jalan yang satu ini. Jalan ini membentang sejauh 3.5 kilometer dengan sudut kemiringan lebih dari 38 derajat!

0 comments:

Post a Comment