Jenis Kera Paling Aneh

Melihat fotonya, kita pasti akan tergelitik karena wajahnya yang aneh-aneh. Nah, berikut ini adalah daftar 13 jenis monyet teraneh di dunia (sayangnya, sebagian besar terancam punah).

1. Monyet Proboscis

Monyet yang hanya dapat ditemukan di Kalimantan ini memiliki hidung yang teramat besar. Hidung besar ini ternyata cuma terdapat pada hewan jantan. Bahkan saking besarnya, monyet jantan terlebih dahulu harus mengangkat hidungnya itu apabila mau makan. Keunikan lainnya, monyet ini memiliki kaki berselaput yang membuatnya menjadi perenang handal.

2. Pigmy Marmoset

Hewan ini adalah jenis monyet terkecil di dunia. Kera berbulu keemasan ini hidup di hutan hujan Amazon dan memakan cairan batang pada tumbuhan berkayu.

3. Emperor Tamarin

Kera ini disebut sebagai emperor tamarin konon karena kemiripannya dengan Kaisar Jerman Wilhelm II. Hewan ini hanya ditemukan di Amazon dan keunikannya tentu adalah kumisnya yang panjang.

4. Spider Monkey

Hmm...merasa pernah punya teman mirip dia? Hewan ini dijuluki spider monkey karena lengan dan kakinya yang sangat panjang mirip laba-laba. Hewan ini dikenal sebagai jenis monyet yang paling akrobatik.

5. Night Monkey

Monyet yang juga dijuluki owl monkey ini hanya keluar pada malam hari. Selain matanya yang besar, hewan ini juga terkenal karena wajahnya yang selalu “tersenyum”.

6. Golden Snub-nosed Monkey

Monyet unik ini dikenal sebagai satu-satunya jenis monyet yang hadir dalam paket “full color”. Hewan ini hanya bisa ditemui di Myanmar dan konon juga sangat fotogenik lho.

7. Colobus Monkey

Hewan ini bisa dibilang sebagai “panda”nya dunia monyet. Jenis monyet ini hanya hidup di Afrika timur dan hanya memakan dedaunan.

8. Babon

Jenis kera yang cuma ada di Afrika ini terkenal karena wajah seriusnya. Sayangnya, populasinya terus menurun mendekati kepunahan gara-gara kerusakan habitat.

9. Gelada

Bermuka seperti kakek-kakek menakutkan, hewan ini dikenal hidup di dataran tinggi Etiopia. Monyet ini berkerabat dengan babon.

10. Mona Monkey

Hmm...kenapa dunia dipenuhi monyet-monyet dengan muka seperti ini. Monyet jenis ini hidup di Afrika barat dan memakan buah-buahan. Uniknya monyet ini biasa membawa makanan mereka dalam pipi mereka.

11. Tonkin Snub-nosed

Monyet ini sayangnya termasuk jenis monyet yang terancam punah. Habitatnya di hutan-hutan tropis di Vietnam.

12. Lesula

Monyet ini uniknya adalah spesies baru yang baru ditemukan pada 2007 dan hidup di hutan di Kongo, Afrika. Mukanya sedih banget yak?

13. Douc Langur

Monyet aneh ini hidup di Asia Tenggara, terutama di Kamboja, Laos, dan Vietnam.Hufh…mirip alien ya?



Labels: Aneh, Fauna

Thanks for reading Jenis Kera Paling Aneh. Please share...!

0 Comment for "Jenis Kera Paling Aneh"

Back To Top