Kejadian Tanah Berlubang Paling Mengerikan



Sinkhole, sebuah lubang di tanah yang muncul secara tiba-tiba. Karena kemunculannya secara tiba-tiba mungkin banyak orang menganggapnya sebagai lubang misterius. Namun sejatinya, sinkhole merupakan tanah berlubang yang terjadi akibat proses alami, yakni disebabkan oleh tekanan pada permukaan tanah yang terjadi ketika lapisan bawah tanah menipis dan tak mampu menopang struktur lapisan di atasnya.


Foto: Reuters/China Daily

Lapisan batuan bawah tanah menipis karena terkikis oleh larutan air tanah yang kemudian membentuk lubang semacam gua bawah tanah. Peristiwa ini sering terjadi di mana batuan dasar di bawah permukaan tanah adalah batu gamping, dolomit, batuan karbonat, atau jenis batuan yang dapat secara alami dihanyutkan oleh sirkulasi air tanah.


Proses terjadinya sinkhole. (gambar: Ibnu Rusydy)

Mengingat munculnya tak pernah kita duga, lubang tanah ini patut untuk kita waspadai. Untuk mengetahui seberapa amankah sebuah tanah dari resiko sinkhole maka harus diperhatikan lapisan batuan dasar permukaan tanahnya.

Bila anda ingin melihat seberapa bahayakah sinkhole. Berikut ini adalah beberapa sinkhole paling mengerikan yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia.

1. Sinkhole yang terjadi di jalanan daerah Lisbon pada 25 November, 2003. Sebuah Bus di jalan jatuh ke dalam lubang hingga berbalik posisi vertikal. (Foto oleh Jose Manuel/Reuters)



2. Sebuah mobil terperosok ke dalama lubang sinkhole di Guangzhou, provinsi Guangdong, pada 7 September 2008. Lubang tersebut dilaporkan berdiameter hingga 15 meter. (Foto oleh Reuters/China Daily)



3. Sinkhole dengan kedalaman menakutkan muncul disebabkan oleh hujan Badai Tropis Agatha di Guatemala City pada 31 Mei 2010. Lebih dari 94.000 orang dievakuasi. (Casa Presidencial/Handout/Reuters)



4. Jalanan aspal ambles oleh lubang sinkhole di Hefei, provinsi Anhui, China pada 8 Agustus 2009. Dilaporkan beberapa mobil dan motor jatuh terperosok ke dalam lubang. (Foto oleh Reuters/China Daily)



5. Lubang sinkhole ukuran besar yang nyaris menimpa sebuah perumahan. Sebagian bangunan runtuh serta jalanan pun hancur. Peristiwa tersebut terjadi di daerah Nachterstedt, Jerman 18 Juli 2009. (Foto oleh Reuters/Gemeindeverwaltung Nachterstedt)



6. Sinkhole besar menganga muncul dan menelan beberapa rumah. Peristiwa tersebut terjadi di Guatemala City 23 Februari 2007. Menurut para pejabat daerah, setidaknya tiga orang telah dikonfirmasi hilang. (Foto oleh Reuters/Stringer)



7. Sebuah bangunan rumah hancur akibat munculnya sinkhole berdiameter 60 kaki di Summer Bay Resort, US Highway 192 di Clermont, Florida, pada Senin 12 Agustus 2013. (Red Huber/Orlando Sentinel/MCT)



8. Sinkhole cukup besar muncul di tengah jalan di Baltimore pada musim panas 2012. Peristiwa lubang tersebut terjadi setelah hujan deras. (Algerina Perna/Baltimore Foto Sun)

0 comments:

Post a Comment