Rekor Bermain Angklung di China


Indonesia berhasil menorehkan sejarah dengan memecahkan rekor ansembel permainan angklung di sebuah gedung olahraga di Beijing, China. Sebanyak 5.393 peserta turut berpartisipasi main angklung dalam upaya pemecahan rekor.

Menurut laman harian People's Daily, pertunjukkan itu berlangsung selama lebih dari 10 menit dengan dipandu pemain angklung asal Indonesia. Mereka membawakan dua lagu, salah satunya ciptaan Michael Jackson, "We are the World," dan sebuah lagu China "Bulan adalah Saksiku".

Para pemain masing-masing memegang angklung yang hanya dapat menghasilkan satu suara saja. Sehingga untuk dapat menampilkan satu lagu dengan penuh harmoni, maka tiap kali para pemain menggoyangkan angklungnya maka mereka harus memperhatikan instruksi yang diberikan oleh si konduktor.

Duta Besar Indonesia untuk China, Imron Cotan, mengatakan upaya pemecahan rekor ini dapat dilakukan berkat kerjasama yang baik antara Kedutaan Besar Indonesia di Beijing dengan Asosiasi Persahabatan Indonesia-China. Selain itu Kedutaan Besar China di Jakarta juga ikut membantu upaya pemecahan rekor.

Imron juga mengatakan bahwa melalui kegiatan ini akan semakin mempererat hubungan antar warga dan interaksi budaya antara rakyat China dengan Indonesia.

Sebelumnya, aksi pemecahan rekor juga pernah dilakukan di Washington DC, AS, pada 2011 silam.

Menurut situs resmi Kedutaan Besar Indonesia untuk AS, sebanyak 5.182 orang yang terdiri dari warga Indonesia dan Amerika Serikat berkumpul di Washington Monument Ground. Aksi ansambel angklung ini dipimpin oleh kelompok angklung asa Bandung, Daeng Udjo.

Hasilnya aksi itu berhasil tercatat di Guinness Book of World Records. Alat musik angklung merupakan instrumen asli khas Indonesia dan telah tercatat di badan PBB UNESCO.

Instrumen yang terbuat dari bambu itu berhasil menaik perhatian orang dari seluruh dunia.




Labels: Musik, Record

Thanks for reading Rekor Bermain Angklung di China. Please share...!

0 Comment for "Rekor Bermain Angklung di China"

Back To Top