Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

5 Sayuran yang Paling Bergizi dan Sehat



Agar tubuh lebih sehat, Anda harus banyak mengonsumsi sayur dan buah. Data terbaru dari Studi Diet Total (SDT) 2014 menunjukkan bahwa orang Indonesia masih kurang mengonsumsi sayuran dan buah.

“Konsumsi kelompok sayur dan olahan, serta buah-buahan dan olahan penduduk masih rendah, yaitu 57,1 gram per orang per hari dan 33,5 gram per orang per hari,” tulis Prof Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, dalam keterangan tertulisnya yang diterima CNN Indonesia.

Sayur memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh. Semua sayuran hijau dan berdaun lebat rata-rata memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh. Namun, dikutip dari Fox News, dari sekian banyak sayuran yang ada, tahukah Anda sayuran hijau mana yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi?

Baru-baru ini Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan fakta sayuran mana yang paling padat gizi.

Semua sayur dan buah di analisis lewat pengukuran jumlah serat, protein, potasium dan vitamin.

1. Watercress
Watercress ini dikenal juga dengan nama selada air. Sayuran yang biasa dicampur dengan salad ini memiliki nilai kepadatan nutrisi 100 poin. CDC merekomendasikan sayuran ini sebagai sayuran paling bergizi untuk disantap.

2. Bok choy
Bok choy atau disebut juga sebagai Chinese Cabbage ini mirip dengan sayur sawi, hanya saja memiliki ukuran yang kecil dan rasa yang lebih renyah.

3. Chard
Sayuran ini cukup sulit ditemui di Indonesia. Sayuran ini memiliki daun hijau yang mirip bayam namun berbatang merah keunguan. Meski rasanya sedikit pahit namun ada banyak kreasi olahan yang membuatnya jadi lebih enak disantap.

4. Daun bit
Jika Anda suka menyantap bit, lain kali jangan buang daun-daunnya. Daun bit ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan chard. Daun ini bahkan memiliki lebih banyak vitamin dan mineral dibanding daun selada.

5. Bayam
Tak percaya kalau Popeye benar-benar bisa kuat setelah makan bayam? Kenyataannya, bayam memang merupakan sayuran hijau yang memiliki aneka manfaat besar untuk tubuh Anda. Kandungan vitamin, serta dan mineral di dalamnya membuat tubuh jadi sehat.

Labels: Flora

Thanks for reading 5 Sayuran yang Paling Bergizi dan Sehat. Please share...!

Back To Top