Phablet Paling Fenomenal di Tahun 2014

Permintaan akan smartphone dengan layar lebar memang semakin hari semakin melonjak akibat dukungan fitur-fitur hiburan yang bervariasi dan lebih nyaman dinikmati di layar. Tren phablet yang awalnya hanya berkembang di Asia pun kini sudah merambah Eropa dan Amerika.

Nah, selama 12 bulan ini ada beberapa phablet yang lebih menonjol dari lainnya. Entah itu akibat keunggulan fitur yang ditawarkan atau harga yang sangat murah. Berikut 5 phablet terbaik dan paling fenomenal yang terekam di tahun 2014.

1. Samsung Galaxy Note 4
Phablet satu ini merupakan penerus sekaligus penyempurna dari Galaxy Note 3 yang dirilis pada tahun 2013 lalu. Dari segi desainnya kedua produk tersebut sekilas sama, namun Samsung lebih merampingkan lagi Galaxy Note 4 dengan model permukaan sedikit mirip dengan Galaxy S5.

Samsung Galaxy Note 4 ini dilengkapi dengan layar 5,7 inci yang memiliki resolusi 2,560 x 1,440 pixel Quad HD Super AMOLED. Galaxy Note 4 ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dan memiliki kamera dengan resolusi sebesar 16M. Kamera bagian depannya memiliki resolusi sebesar 3,7MP.

Prosesor di dalamnya adalah Quad-Core 2,7GHz Qualcomm Snapdragon 805 dengan GPU Adreno 420 yang didukung dengan RAM 3GB serta internal storage sebesar 32GB yang dapat ditambah lagi dengan menggunakan microSD dan menggunakan operating system Android terbaru yaitu KitKat versi 4.4.4. Untuk tampilan UI atau User Interfacenya, Samsung meminjam desain dari Android L.

Seperti halnya Galaxy Note 3, Samsung Galaxy Note 4 ini juga dilengkapi dengan stylush yang tersembunyi di slot yang terletak di bagian bawah.

2. iPhone 6 Plus
Phablet dari Apple, iPhone 6 Plus, yang bergelar 'King of Phablet' di Amerika juga tidak ketinggalan masuk dalam daftar phablet terbaik tahun ini. iPhone 6 Plus mengusung layar 'Retina Display' yang lebih besar dari iPhone 6, sekitar 5,5 inci beresolusi Full-HD 1920 x 1080 piksel.

Apple turut melindungi lapisan layar iPhone 6 Plus dengan lapisan kaca ionisasi dengan oleophobic coating yang membuatnya anti benturan dan goresan. Apple membenamkan prosesor A8 64-bit generasi terbaru plus motion coprosesor M8 yang dapat bekerja selaras dengan layar Retina Display HD iPhone 6 Plus.

Hebatnya, prosesor A8 64-bit iPhone 6 Plus lebih efisien soal daya baterai hingga 50 persen ketimbang chip A7. Alhasil, bermain game 'berat' atau menonton video dengan frame rate tinggi dapat dilakukan lebih lancar dan lama.

Di bagian kamera, Apple hanya menambahkan kamera depan berkekuatan 1.2MP (1280 x 960 piksel) dengan fitur lain yang sama persis dengan iPhone 6. Padahal, banyak smartphone di milik kompetitor yang sudah mengusung kamera selfie hingga 2MP atau bahkan 5MP.

3. Google Nexus 6
Bersamaan dengan merilis Android Lollipop, Google juga memperkenalkan salah satu phablet terbaik tahun ini, Nexus 6. Dengan bersenjatakan layar AMOLED 6 inci, Nexus 6 buatan Motorola itu adalah salah satu smartphone pertama yang membawa Android 5.0.

Motorola membuat phablet itu semakin spesial dengan menambahkan kamera utama 13 MP dengan fitur OIS untuk menghasilkan gambar yang antigoyang. Sayangnya, di bagain depan hanya ada kamera beresolusi 2 MP.

Nexus 6 juga merupakan phablet dengan performa paling moncer sebab sudah bersenjatakan prosesor Quad-Core Snapdragon 805 dengan kecepatan 2,7 GHz. Bagian penyuplai daya dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 3220 mAh, cukup tahan lama untuk menyokong performa dan layar jernih dari Nexus 6 dalam waktu lama.

4. Huawei Ascend Mate7
Huawei pun tidak ketinggalan menyumbangkan phablet terbaiknya dalam list phablet terbaik 2014, yakni Ascend Mate7. Phablet berukuran 6 inci tersebut tampil cantik dengan bodi logam tipis (7,9 mm) dan bingkai yang sangat tipis, hanya 2,9 mm.

Pusat dapur pacu dari Ascend Mate7 berpusat di sebuah prosesor Octa-core yang terdiri dengan chipset HiSilicon Kirin 925 (Quad-core 1.8 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7). Huawei juga membekali phablet andalannya itu dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB, bahkan tersedia Ascend Mate7 dengan RAM 3 GB dan ROM 32GB.

Salah satu alasan Ascend Mate7 menjadi phablet terbaik tahun ini adalah baterai yang ditanamkan padanya. Huawei memasukkan baterai berkapasitas 4100 mAh.

Dengan kapasitas sebesar itu, phablet yang dirilis bulan Oktober 2014 itu dapat dipakai untuk memotret lebih lama dengan kamera utama 13 MP dan kamera 5 MP yang disematkan padanya.

5. Asus ZenFone 6
Salah satu smartphone murah keluarga ZenFone yang masuk Indonesia, terdapat Asus ZenFone 6 sampai saat ini tergolong yang terbaik di kelasnya. Berbekal prosesor Intel Atom Dual-Core Z2580 dan GPU PowerVR SGX544MP2, ZenFone 6 hanya dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan, bahkan kurang di akhir tahun ini.

ZenFone 6 memang lebih mengandalkan performa ketimbang kualitas layarnya. Terbukti, dengan RAM 2 GB dan kapasitas memori internal mencapai 32 GB, ZenFone 6 hanya membawa layar 6 inci dengan resolusi HD 720p dan kerapatan layar 245 ppi.

Namun jangan salah, meski hanya mempunyai layar yang cukup standar, ZenFone 6 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP (4128 x 3096 pixels) dengan tambahan teknologi PixelMaster. Jadi, foto yang dihasilkan akan tetap terlihat jernih dan tajam.

Sumber: Idhandphone

Labels: Teknologi, Terbaik

Thanks for reading Phablet Paling Fenomenal di Tahun 2014. Please share...!

0 Comment for "Phablet Paling Fenomenal di Tahun 2014"

Back To Top