Makkah dan Empat Kota Paling Suci di Dunia



Makkah di Arab Saudi merupakan kota suci bagi umat Muslim. Namun, Makkah bukanlah satu-satunya kota di dunia yang dianggap suci. Berbagai agama di dunia juga punya kota suci masing-masing.

Setidaknya ada 5 kota suci yang jadi destinasi religi, tersebar di berbagai belahan dunia. Dihimpun detikTravel, berikut daftarnya:

1. Makkah, Arab Saudi


Makkah adalah kota yang paling disucikan oleh umat Muslim. Ini adalah kota tempat terletaknya Ka'bah, sekaligus kota kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tiap tahun, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia melaksanakan umrah dan haji di Kota Makkah. Kini, persis di depan Ka'bah terdapat Zamzam Tower yang adalah menara jam terbesar sedunia. Di bawahnya terdapat pusat perbelanjaan serta beberapa hotel bintang lima.

Namun, traveler yang bukan menganut agama Islam tidak diperbolehkan masuk Makkah.

2. Vatican City, Vatikan


Vatican City adalah nama wilayah (City State) yang terletak di tengah Kota Roma. Ini adalah kota yang disucikan oleh umat Kristen. Kota ini juga menjadi tempat tinggal Paus Paulus.

Begitu memasuki kota ini, simbol religi Kristen tersebar di banyak tempat. Salah satu destinasi yang terkenal adalah Sistine Chapel, dengan lukisan paling terkenal Michelangelo yang bergambar Tuhan sedang memberikan kehidupan kepada Adam.

Selain itu, ada pula Saint Peter's Basilica dan Catholic Church. Traveler juga bisa berjalan kaki menyusuri jalanan cantik Vatican City.

3. Yerusalem, Israel


Sebagai salah satu kota tertua di dunia, Yerusalem punya peranan penting dalam sejarah 3 agama yakni Judaisme, Kristen, dan Islam. Tak heran, Yerusalem punya ratusan gereja dan puluhan masjid yang tersebar di tiap sudutnya.

Sebagai destinasi religi, Yerusalem juga punya sisi sejarah dan budaya yang kental. Arsitektur bangunannya sangat asli, pemandangannya pun indah.

4. Varanasi, India


Berada di bantaran Sungai Gangga, Varanasi menjadi kota yang paling disucikan oleh umat Hindu di India. Legenda menyatakan, Dewa Siwa menemukan Varanasi kemudian membangun rumahnya di sana.

Setiap hari, ratusan umat Hindu membasuh tubuh di pinggiran Sungai Gangga. Ini dianggap bisa mensucikan tubuh dan pikiran, membersihkan dari dosa.

Tak sedikit traveler yang menemukan jenazah umat Hindu di India, terapung bebas di Sungai Gangga. Namun selain itu, cara 'pemakaman' lainnya adalah dengan membakar jenazah kemudian abunya ditaburkan ke Sungai Gangga.

0 comments:

Post a Comment