10 Soundtrack Film Hollywood Paling Populer dan Berkesan

Banyak dari kita pasti mempunyai lagu kesukaan. Lagu yang terngiang-ngiang di dalam kepala, dapat membangkitkan kenangan akan sesuatu atau bahkan dapat menimbulkan semangat. Lagu dalam film pun berfungsi seperti itu, membangkitkan kenangan penonton akan film yang pernah disaksikannya. Lagu tersebut disebut soundtrack.
Soundtrack atau yang sering disebut Original Sound Track (OST) merupakan lagu, baik mengandung lirik maupun tidak, yang ada di dalam di sebuah film, program televisi, video game, dan buku. Ada lima tipe perekaman soundtrack : soundtrack film musikal (Grease, Singin’ In The Rain), score film (Star Wars, The Lord Of The Rings), album lagu pop (Sleepless In Seattle, When Harry Met Sally), soundtrack video game (Sonic Heroes, The Legend of Zelda : Ocarina of Time), dan album yang mengandung musiK dan dialog dalam film (Romeo and Juliet 1968, The Wizard of Oz edisi pertama).
Berikut adalah soundtrack film hollywood paling populer dan berkesan versi 4muda diurutkan berdasarkan tahun.
1. Over The Rainbow – Judy Garland : The Wizard of Oz (1939)

Sering disebut Somewhere Over The Rainbow merupakan soundtrack film pemenang Oscar di tahun 1939. Lagu ini menjadi lagu ciri khas dari Judy Garland yang menyanyikan lagu tersebut saat berperan menjadi Dorothy Gale dalam filmThe Wizard of Oz. Over The Rainbow menjadi simbol bagi para tentara Amerika Serikat saat Perang Dunia II di Eropa. Lagu ini juga menjadi ‘audio wakeup call’ alarm bangun tidur di misi Pesawat Ulang Alik STS-88 pada penerbangan hari ke empat.

Lagu ini banyak dipakai dan menjadi populer yang juga merupakan simbol bagi mimpi dan harapan manusia. Sudah banyak yang menyanyi ulang lagu ini seperti Jerry Lee Lewis di tahun 1980 dan Josh Groban dalam albumnya Stages di tahun 2015.

Versi Josh Groban: https://www.youtube.com/watch?v=SjEQPpEC0f8
2. Do-Re-Mi – Julie Andrews : The Sound of Music (1965)
Film yang disadur dari kisah nyata Maria Von Trapp (terlahir Maria Augusta Kutschera) yang menjadi tutor bagi salah satu anak dari keluarga Trapp dan akhirnya menikah dengan ayah mereka. Keluarga Trapp pada akhirnya menjadi keluarga pemusik berasal dari Austria dan keluar dari negara itu lalu tinggal di Amerika Serikat.
Lagu Do-Re-Mi dinyanyikan Julie Andrews ketika berperan sebagai Maria yang sedang mengajar musik bagi anak-anak Von Trapp.
3. Stayin’ Alive – Bee Gees : Saturday Night Fever (1977)
Stayin’ Alive merupakan lagu kedua yang dirilis untuk album soundtrack Saturday Night Fever. Lagu ini merupakan salah satu lagu ciri khas Bee Gees.
Saturday Night Fever merupakan film yang melambungkan nama John Travolta yang berperan sebagai Tony Monero, sebagai sang raja disko. Hampir di banyak negara film ini menjadi fenomenal dan menjadi era kebangkitan tari disko. Kesuksesan Saturday Night Fever lalu diikuti dengan Grease yang lagi-lagi dibintangi oleh John Travolta.
4. Eye Of The Tiger – Survivor : Rocky III (1982)
Sebelum Rambo, Sylvester Stallone terkenal dengan perannya sebagai Rocky Balboa di film yang berjudul Rocky di tahun 1976. Rocky Balboa merupakan seorang petinju yang merangkak dari bawah. Film ini pun lalu menjadi seri di tahun-tahun berikutnya yaitu Rocky II (1979), Rocky III (1982), Rocky IV (1985), Rocky V (1990), Rocky Balboa (2006), dan yang akan tayang yaitu Creed atau disebut juga Rocky VII yang direncanakan akan rilis pada akhir November 2015.
Eye of Tiger merupakan lagu yang diciptakan atas permintaan Sylvester Stallone dan dibawakan oleh band rock asal Amerika yaitu Survivor. Versi film sedikit berbeda dengan versi album karena menyertakan auman harimau. Lagu ini menempati peringkat pertama pada Billboard Hot 100 selama 6 minggu di tahun 1982 dan juga merajai puncak tangga lagu di radio-radio.
Trailer Rocky 7 creed : https://www.youtube.com/watch?v=AslpIIlsvDM
5. Ghostbuster – Ray Parker, Jr. : Ghostbuster (1984)
Ghostbuster merupakan film komedi supernatural asal Amerika Serikat. Menceritakan tentang tiga orang pria yaitu Peter, Ray, dan Egon yang menyediakan layanan usir hantu setelah mereka kehilangan pekerjaan di Universitas Columbia. Mereka menjadi terkenal lalu pndah ke kota New York dan merekrut seorang anggota baru, Wisnton. Film ini diperankan oleh Bill Murray sebagai Dr. Peter Venkman, Dan Aykroyd sebagai Dr. Raymond “Ray” Stantz, Harold Ramis sebagai Dr. Egon Spengler, dan Ernie Hudson sebagai Winston Zeddemore. Film ini lalu diikuti dengan Ghostbuster II (1989), dua seri animasi, dan video game.
Lagu Ghostbuster sendiri diciptakan Ray Parker, Jr. setelah dihubungi oleh produser film Ghostbuster. Awalnya agak mustahil karena waktu yang disediakan sedikit, tapi pada akhirnya Ray berhasil menciptakan dengan inspirasi dari iklan komersial di televisi. Lagu ini pun menduduki puncak tangga Billboard Hot 100 selama tiga minggu.
6. Everything I Do (I Do It For You) – Bryan Adams : Robin Hood, Prince of Thieves (1991)
Film Robin Hood : Prince of Thieves yang dibintangi oleh Kevin Costner ini meraih box office dengan pendapatan 390 juta dollar di seluruh dunia dan menjadi film berpendapatan tertinggi kedua di tahun 1991. Seiring dengan kepopuleran film ini, soundtrack film yang dinyanyikan oleh Bryan Adams yaitu Everything I Do (I Do It For You) pun menjadi populer dan mendapat nominasi Oscar.
7. I Will Always Love You – Whitney Houston : The Bodyguard (1992)
The Bodyguard merupakan film thriller romantis yang dibintangi oleh Kevin Costner dan Whitney Houston. Film ini mendapat penghasilan tertinggi kedua di tahun 1992 sejumlah 411 juta dollar dari seluruh dunia. Album soundtrack nya pun sukses di pasaran, merajai tangga lagu di hampir setiap negara di dunia, dan meraih album soundtrack terlaris sepanjang masa dan telah terjual sebanyak 45 juta kopi di seluruh dunia.
8. My Heart Will Go On – Celine Dion : Titanic (1997)
Titanic dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, merupakan film paling mahal yang pernah dibuat dengan bujet 200 juta dollar. Film ini sangat sukses di pasaran dengan meraih pendapatan sebanyak 2,18 milyar dollar dari seluruh dunia dan diganjar 14 nominasi Oscar.
Seiring dengan kepopuleran film Titanic, My Heart Will Go On yang dinyanyikan oleh Celine Dion pun sama menuai sukses. Lagu yang terdapat dalam album soundtrack Titanic ini terjual sebanyak 30 juta kopi di seluruh dunia. Dan lagu ini pun menjadi lagu ciri khas Celine Dion.
9. Lose Yourself – Eminem : 8 Mile (2002)
Film yang menceritakan seorang rapper kulit putih yang berjuang diantara dominasi kulit hitam ini dibintangi oleh penyanyi rap Eminem yang juga menyanyikan lagu soundtrack nya yang berjudul Lose Yourself. Lose Yourself memenangkan Lagu Original Terbaik di ajang bergengsi piala Oscar dan menjadi lagu ikon untuk film 8 Mile. Film 8 Mile disebut oleh majalah Vibe sebagai mahakarya film hip-hop.
10. Let It Go – Idina Menzel : Frozen (2013)
Frozen yang rilis pada bulan November 2013 ini disebut-sebut sebagai film animasi musikal terbaik yang pernah diproduksi Disney. Dengan bujet sebanyak 150 juta dollar, Frozen meraih pendapatan sebanyak 1,274 milyar dollar dari seluruh dunia. Film ini juga meraih dua Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik dan Lagu Original Terbaik.
Let It Go pada film animasi musikal nya dinyanyikan oleh Ratu Elsa yang diisi suaranya oleh Idina Menzel. Sedangkan pada bagian penutup film dinyanyikan oleh Demi Lovato. Lagu ini menjadi sangat familiar karena tidak hanya disukai oleh orang dewasa tapi juga anak kecil. Bahkan terdapat lagu “Let It Go” dengan 25 bahasa dunia, termasuk bahasa melayu.
Demi Lovato https://www.youtube.com/watch?v=kHue-HaXXzg
Bagaimana dengan tahun 2015? Tidak banyak yang begitu berkesan, namun lagu teranyar berjudul “See You Again” dinyanyikan Wiz Khalifa dan Charlie Puth yang menjadi soundtrack film Furious 7 saat ini beritu populer dan menduduki peringkat pertama di Billboard 200 awal mei hingga saat ini. Mengingat lagu tersebut memang lagu yang dipersembahkan sebagai tribute kepada Paul Walker.
Itulah 10 soundtrack film hollywood terpopuler versi Gomuda. Bagaimana dengan 10 soundtrack film Indonesia terpopuler? Cek disini!
sumber:
http://www.billboard.com/articles/list/5922814/top-50-movie-songs-of-all-time?list_page=4
http://en.wikipedia.org/wiki/AFI%27s_100_Years…100_Songs
http://en.wikipedia.org/wiki/Songs_of_the_Century
http://en.wikipedia.org/wiki/Soundtrack

Labels: Film, Musik

Thanks for reading 10 Soundtrack Film Hollywood Paling Populer dan Berkesan. Please share...!

1 Comment for "10 Soundtrack Film Hollywood Paling Populer dan Berkesan"

mana It Must Have Been Love nya Roxette ? ost. Pretty Woman 1990

Back To Top