5 Tempat Wisata Paling Memukau di Sumatera Barat




Propinsi Sumatra Barat merupakan salah satu daerah yang paling indah di Indonesia. Daerah ini menawarkan pemandangan pegunungan indah yang terbagi atas tiga lembah. Di daerah ini cukup banyak tempat wisata alam yang memukau, meliputi danau dan gunung berapi yang spektakuler. Selain wisata alamnya, Sumatra Barat juga dikenal akan budayanya yang unik seperti yang terlihat pada struktur rumah adat Minangkabaunya. Lalu apa sajakah, tempat wisata paling memukau di Sumatra Barat? Berikut ini ulasan selengkapnya.
  1. Ngarai Sianok
    Ngarai Sianok terletak di pinggiran kota Bukittinggi, yang ada di dataran tinggi Sumatra Barat. Panorama di tempat ini sangatlah mempesona khususnya di pagi hari ketika sinar matahari menembus kabut yang menutupi lembah yang memiliki latar belakang Gunung Singgalang yang megah.
  2. Kepulauan Mentawai
    Kepulauan Mentawai dikelilingi oleh Samudera Hindia dan lepas pantai Sumatera Barat. Kepulauan ini memiliki 4 pulau besar: Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Letak Kepulauan Mentawai di tengah lautan luas inilah yang membuat pantai di kawasan ini memiliki gelombang yang baik untuk berselancar, bahkan menurut sebuah majalah, pantai yang ada di Kepulauan Mentawai masuk sebagai salah satu dari 50 tempat berselancar yang paling menantang.
  3. Danau Maninjau
    Bila Sumatra Utara memiliki Danau Toba yang mempesona, di Sumatra Barat juga ada sebuah danau yang tak kalah indahnya, yakni Danau Maninjau. Danau ini terletak sekitar 36 km dari Bukittinggi. Namun, bila anda ingin ke tempat ini, sebaiknya harus berhati-hati, sebab akses untuk sampai ke Danau Maninjau sangat berliku-liku.
  4. Pulau Sikuai
    Pulau ini terletak daerah Bungus Teluk Kabang, Kota Padang. Selain menawarkan keindahan laut yang jernih lengkap dengan keindahan bawah lautnya, Pulau Sikuai juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap termasuk hotel, cottage dan restoran.
  5. Pantai Air Manis
    Pantai Air Manis berkaitan dengan cerita rakyat bersejarah yakni Malin Kundang yang menceritakan tentang seorang anak yang durhaka terhadap ibunya, dan akhirnya Malin Kundang dikutuk oleh ibunya dan berubah menjadi batu. Patung sebagai simbol cerita Malin Kundang itu ada di pantai ini.

0 comments:

Post a Comment