Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

8 Foto Hoax Paling Buat Geger Internet


Jangan percaya semua yang ada di internet, baik itu berupa tulisan, pernyataan, video atau foto. Pasalnya, semua orang bisa dengan bebas mengunggah apa saja ke dunia maya tanpa mempertanggunng jawabkan kebenarannya. Seperti halnya beberapa foto ini, yang terlihat sungguhan padahal hanya hoax atau omong kosong belaka saja.

Mengingat kemajuan teknologi di bidang editing semakin canggih, semua orang bisa merekayasa foto-foto dengan mudah lalu mengunggahnya ke internet. Tentu hal semacam itu bisa membuat heboh seisi dunia maya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut foto-foto hoax atau bohong yang bikin geger dunia maya.

8. Ibu Memeluk Anak Saat Tsunami Jepang



Teks yang menyertai gambar di atas menceritakan sebuah kisah dramatis tentang seorang ibu yang melindungi anaknya dan pesan di ponselnya. Foto tersebut beredar luas ketika gempa dahsyat menerjang Jepang pada tahun 2011 lalu.

Foto itu memang benar-benar sungguhan, tetapi bukan diambil ketika bencana itu melanda Jepang. Foto ibu memeluk anaknya itu diambil 3 tahun sebelumnya ketika gempa dahsyat mengguncang China pada tanggal 30 Agustus 2008.

7. Monster Loch Ness



Keberadaan monster Loch Ness memang masih jadi pertanyaan besar. Foto di atas merupakan salah satu foto paling populer yang menunjukkan keberadaan makhluk tersebut. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa foto itu palsu.

Beberapa orang menganggap cerita tentang keberadaan monster Loch Nes hanya trik semata untuk menarik minat orang berkunjung ke Skotlandia, di mana monster Loch Ness pertama kali ditemukan.

6. Gurita Raksasa



Pada awal tahun 2014 lalu, muncul sebuah foto yang membuat geger dunia maya. Dalam foto tersebut tampak jelas bangkai seekor gurita raksasa yang terdampar di pinggiran pantai Santa Monica.

Faktanya, foto itu hanya hoax belaka. Kebenaran orang-orang yang terabadikan dalam foto tersebut, sebenarnya mereka itu sedang mengerumuni seekor ikan paus kecil yang mati terdampar. Tetapi, seseorang mengganti ikan paus itu dengan gurita raksasa.

5. McDonalds Kebanjiran



Ketika Badai Sandy menerjang wilayah Amerika Serikat dan beberapa negara bagiannya pada tahun 2012 lalu, banyak pengguna media sosial yang dibuat bingung dengan foto-foto palsu yang beredar. Salah satunya, foto restoran cepat saji McDonalds yang kebanjiran yang diambil di Pantai Virginia.

Namun, foto MD kebanjiran sebenarnya hanya hoax belaka. Faktanya foto aslinya itu diambil pada tahun 2009 silam.

4. Hiu Di Jalan



Selain foto restoran kebanjiran, foto hiu berkeliaran di jalan selama Badai Sandy terjadi juga bikin heboh internet. Banyak orang yang ketakutan untuk pergi keluar ketika melihat foto-foto hiu berkeliaran di jalanan dan mereka menganggap foto ini nyata. Padahal foto-foto hiu berkeliaran di jalan itu benar-benar trik Photoshop semata.

3. Awan Mengerikan Di Atas Patung Liberty



Sepertinya banyak orang memanfaatkan bencana alam untuk jadi bahan cari sensasi. Selain foto restoran kebanjiran dan hiu berkeliaran di jalan selama Badai Shandy, ada juga foto gulungan awan raksasa yang tampak muncul di atas Patung Liberty.

Dilihat sejenak, foto tersebut memang tampak nyata, tetapi sebenarnya foto itu merupakan hasil editan Photoshop.

2. Raksasa Cardiff



Dalam foto di atas tampak sosok manusia raksasa yang sedang berbaring di galian tanah. Foto tersebut sukses membuat pengguna internet ketipu, sampai tahu bahwa sebenarnya foto ini hanya hasil editan seseorang.

1. Kerangka Manusia Raksasa



Pada Maret 2007 silam, tersebar luas berita tentang makam raksasa beserta tengkorak dan tulang belulangnya. Berita tersebut pertama kali diterbitkan oleh salah satu media di India bernama Hindu Voice. Bahkan, sang editor mengklaim bahwa penemuan tersebut merupakan hasil kerja keras dari tim National Geographic Society.

Namun, banyak media lainnya yang merasa janggan dengan temuan tersebut. Hingga akhirnya ditemukan bahwa foto kerangka manusia raksasa itu beserta makamnya hanya palsu belaka. 

Labels: Aneh, Buruk, Foto

Thanks for reading 8 Foto Hoax Paling Buat Geger Internet. Please share...!

Back To Top