8 Geng Motor Paling Galak di Amerika Serikat

Baku tembak antar-geng motor di Waco, Texas menewaskan sembilan orang anggotanya dan 18 orang dilarikan ke rumah sakit. Peristiwa ini bukan pertama kalinya terjadi di Amerika Serikat (AS). Geng motor di sana memang lekat dengan tindak kekerasan dan kriminalitas.


Geng motor pelanggar hukum biasanya menyebut diri mereka sebagai “one percenter” (kelompok satu persen) sebagai bentuk penolakan terhadap pernyataan dari Asosiasi Sepeda Motor Amerika (AMA) bahwa 99 persen pengendara motor adalah orang-orang taat hukum.

Ada ratusan geng bermotor di AS, namun Departemen Kehakiman AS memasukkan delapan di antaranya sebagai ancaman serius bagi keamanan. Mereka menyebut geng motor di AS sebagai Outlaw Motorcycle Gangs (OMG).

OMG adalah organisasi yang anggotanya menggunakan klub motor mereka sebagai jalur untuk melakukan kegiatan dan bisnis kriminal. Kegiatan melanggar hukum tersebut termasuk penggunaan kekerasan, penyelundupan obat-obatan terlarang, hingga penyelundupan senjata.

Berikut delapan OMG paling berbahaya di AS yang berhasil dihimpun Okezone, Selasa (19/5/2015) berdasarkan data Departemen Kehakiman AS :

1. Bandidos
Geng motor Bandidos adalah salah satu pihak yang terlibat dalam bentrokan di Waco. Geng motor ini didirikan di Texas pada 1966 oleh seorang veteran Perang Vietnam.

Diperkirakan Bandidos memiliki 2.000 hingga 2.500 anggota di AS dan 13 negara lainnya termasuk Indonesia. Bandidos adalah salah satu dari dua geng motor terbesar di AS dengan 900 anggota di 93 cabang.

Bandidos terlibat dalam produksi, transportasi dan distribusi narkotika jenis metamphetamine, serta melakukan pengiriman untuk obat-obatan jenis kokain dan ganja.

2. Black Piston
Black Piston bisa dikatakan masih berumur sangat muda. Geng motor ini didirikan pada 2002. Black Piston merupakan bagian dari geng motor Outlaws yang telah lebih dahulu berdiri. Berkat bantuan Outlaws, dalam waktu singkat geng motor ini berkembang dengan cepat di As, Kanada, dan Eropa.

Black Piston diketahui memiliki 70 cabang di 20 negara bagian dengan 200 orang anggota. Serta cabang-cabang di luar negeri yang jumlahnya tidak diketahui. Meski telah menjadi geng motor yang cukup besar, Black Piston masih terikat pada Outlaws.

Mereka menjadi sumber perekrutan bagi anggota Outlaws, serta menjalankan pekerjaan kotor untuk berurusan dengan lawan-lawan dari Outlaws. Mereka juga terlibat dalam pengiriman narkotika, pemerasan, penyerangan, intimidasi, dan pencurian.

3. Outlaws
Outlaws didirikan pada 1936 di Cook County, AS, merupakan salah satu geng motor terbesar di AS dengan sekira 1.700 orang anggota di 176 cabang di AS dan di luar negeri. Departemen Kehakiman AS memperkirakan Outlaws memiliki 86 cabang di 20 negara bagian dengan 700 orang anggota.

Geng motor ini adalah salah satu dari empat besar geng motor di AS dan menguasai wilayah Great Lake. Kegiatan kriminal yang dilakukan para anggota Outlaws antara lain produksi, distribusi, pengiriman, methampetamine, serta pengiriman dan distribusi ganja dan kokain.

Mereka juga terlibat dalam berbagai tindakan kriminal lain seperti penyerangan, pembakaran, peledakan, pembunuhan, penculikan, perampokan, dan berbagai tindak kekerasan.

4. MongolsMongol adalah geng motor berbahaya yang menguasai wilayah Pasifik dan Barat Daya AS. Dibentuk pada 1960 di Los Angeles, Mongols diperkirakan memiliki 70 cabang di AS dengan lebih dari 800 anggota yang sebagian besar berasal dari California.

Biro pengawas Alkohol, Tembakau, dan Senjata Api AS (ATF) menyebut Mongols sebagai OMG paling berbahaya. Sebagian besar anggotanya merupakan orang-orang hispanik mantan anggota geng jalanan yang memiliki catatan kriminal.

Mongols terlibat dalam perdagangan narkotika seperti metamphetamin, kokain, dan ganja, serta penggunaan kekerasan, perampokan, dan pembunuhan.

5. Hells Angels
Hells Angels adalah OMG berkekuatan 2.000 sampai 2.500 anggota yang tersebar di 230 cabang di seluruh dunia. Departemen Kehakiman AS memperkirakan Hells Angels memiliki 800 anggota di 92 cabang di 27 negara bagian AS.

Hells Angels didirikan pada 1947, dan merupakan salah satu geng motor tertua dan terbesar di AS dan di seluruh dunia. Mereka berseteru dengan Bandidos, Mongols, dan Outlaws, dalam perebutan wilayah dan anggota.

Seperti halnya geng motor lainnya, mereka juga terlibat dalam perdagangan obat-obatan jenis methampetamine, kokain, ganja, dan ekstasi. Mereka juga tidak segan menggunakan kekerasan, pembakaran, pembunuhan, perampokan, dan berbagai tindak kekerasan lainnya.

6. Pagan’s
Pagan’s adalah salah satu dari empat besar geng motor di AS meskipun jumlah anggotanya kalah jauh dibandingkan tiga kelompok lainnya. Diperkirakan anggota Pagan’s hanya berjumlah sekira 200 sampai 250 orang di 41 cabang di seluruh AS.

Meskipun tidak mempunyai banyak anggota, Pagan’s dinilai berbahaya karena memiliki hubungan dengan organisasi kriminal seperti mafia Italia dan geng Aryan Brotherhood.

Geng motor yang didirikan pada 1959 di Maryland, AS ini terlibat dalam perdagangan narkotika, pembakaran, pembunuhan, pengeboman, dan perdagangan senjata.

7. Sons of Silence
Sons of Silence (SoS) adalah geng motor yang berbasis di Colorado, AS dan diduga memiliki 30 cabang di AS serta lima cabang di Jerman. Diperkirakan SoS memiliki 275 anggota di seluruh AS.

Didirikan di Liwot, Colorado, pada 1960, SoS adalah salah satu geng yang bersekutu dengan Hells Angels yang membuat mereka memiliki banyak musuh. Mereka menutupi kecilnya anggota mereka dengan senjata api, seperti senapan mesin, granat, dan bom pipa dengan jumlah yang dilaporkan bisa membentuk sebuah pasukan kecil.

Mereka terlibat dalam berbagai tindak kriminal seperti prostitusi, pencurian, pencucian uang, penyelundupan senjata, dan peredaran narkotika.

8. Vagos
Vagos adalah geng motor yang berbasis di wilayah Pantai Barat AS. Diperkirakan mereka memiliki 300 orang anggota yang tersebar di 24 cabang. Geng ini diketahui juga beroperasi di wilayah Hawaii dan perbatasan AS-Meksiko.

Didirikan pada 1960, Vagos dilaporkan terlibat dalam perdagangan narkotika, pembunuhan, pemerasan, pencucian uang, pencurian kendaraan, dan intimidasi.

Labels: Budaya, Buruk, Otomotif

Thanks for reading 8 Geng Motor Paling Galak di Amerika Serikat. Please share...!

0 Comment for "8 Geng Motor Paling Galak di Amerika Serikat"

Back To Top