Negara Baru Paling Kecil di Dunia



Negara Baru Paling Kecil di Dunia

Ini dia negara paling baru dan paling kecil di dunia. Kerajaan Enclava, demikian nama yang diberikan oleh pendirinya.

Berlokasi di antara Kroasia dan Slovenia, atau sekitar 50 kilometer sebelah barat ibukota Koasia, Zagreb. Seperti dilansir Sydney Morning Herald, Sabtu (16/5/2015), kerajaan tersebut merupakan negara mini yang dibentuk dalam satu bulan ini.

Luasnya bahkan tak lebih besar dari 'rumah beserta pekarangan.' Sekitar 93 meter persegi saja. Karena itu sepertinya tak mungkin diakui oleh internasional dalam waktu dekat.

Namun para pendirinya, bersikukuh negara itu pantas berdiri karena berada di tanah yang tidak bertuan atau "terra nullius." Bukan milik Korasia maupun Slovania.

"Membuat tempat, dimana setiap orang, tak peduli warna kulit, agama maupun kebangsaan, bisa mengutarakan opini, belajar dengan bebas, dan menghasilkan uang tanpa harus cemas menganai pajak," kata Piotr Wawrzynkiewicz, satu di antara pendirinya.

Dijuluki sebagai negara terkecil di Eropa, Enclava masih belum memiliki penduduk. Namun sejauh ini, sudah lebih dari 5000 orang yang ingin menjadi warga kehormatan.

Nanti, para penduduk di Kerajaan Enclava, tak perlu dipusingkan oleh pajak. Mereka juga bebas memilih bahasa resmi, Inggris, Polandia, Slovenia, Kroasia, atau bahkan Mandarin.

Selama beberapa dekade belakangan, banyak yang memproklamirkan negara baru di berbagai belahan dunia. Namun tren ini makin mencuat dengan perkembangan informasi internet. Para pendiri dengan mudah menarik perhatian dan merekrut ribuan penduduk untuk negara barunya.

0 comments:

Post a Comment