Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

7 Bunga Berbentuk Paling Unik


Dilihat dari segi bentuknya, ada beberapa bunga yang terbilang sangat unik. Dibilang sangat unik karena bunga-bunga ini memiliki bentuk yang menyerupai sesuatu. Berikut ini rangkuman dari Oddee bunga dengan bentuk paling unik di dunia.

7. Anggrek Berwajah Monyet

(foto: Oddee)

Anggrek berwajah monyet termasuk tumbuhan yang sangat langka karena hanya ditemukan di hutan awan Peru dan Ekuador tenggara pada ketinggian lebih dari 3.000 meter. Mereka dapat mekar setiap tahun dan tumbuh subur saat kondisi cuaca hangat.

Beberapa anggrek jenis ini ada yang tumbuh besar dengan kelopak runcing. Sementara yang lain tumbuh dengan ukuran yang kecil sehingga tampak seperti wajah seekor monyet. Selain itu, bunga ini memiliki aroma seperti jeruk matang.

6. Bunga Bibir

(foto: Oddee)

Disbut Bunga Bibir karena salah satu bagian bunga ini memang sangat menyerupai bibir seorang wanita yang begitu menggoda. Dengan warna merah yang tebal dan bagian tengah yang sedikit terbuka, membuat bunga ini seolah-olah ingin mencium Anda.

Bunga Bibir atau Hooker's Lips merupakan tanaman asli dari daerah tropis di Columbia, Kosta Rika, dan Panama. Karena popularitas dan banyak diburu oleh para kolektor, bunga ini kini masuk dalam daftar tumbuhan yang terancam punah.

5. Bunga Burung Beo

(foto: Oddee)

Keberadaan bunga unik yang satu ini masi dipertanyakan keberadaannya, pasalnya sangat jarang orang menemukan bunga ini. Di Thailand, Bunga Burung Beo dikenal sebagai 'burung beo balsam' dan diklasifikasikan sebagai tumbuhan yang terancam punah dan tidak diperbolehkan diekspor ke luar negeri.

Selain di Thailand, bunga ini juga dapat ditemukan di Manipur, India atau Burma. Ketika foto dari bunga ini beredar di internet, banyak orang yang menganggap foto itu merupakan hasil rekayasa digital. Sebab sangat sedikit orang yang benar-benar pernah melihat bunga ini.

4. Anggrek Lebah

(foto: Oddee)

Ada yang unik selain dari wujud bunga ini yang menyerupai lebah, di mana wujud lebah pada bunga ini terlihat sedang tersenyum. Kalau lebah itu perasaan tidak pernah tersenyum?

Selain itu kamu pasti berpikir bahwa nama bunga ini diambil karena bentuknya yang menyerupai lebah, jika berpikir demikian berarti kamu salah. Nama 'Anggrek Lebah' diambil karena lebah adalah penyerbuk utama bunga ini.

Anggrek Lebah berasal dari Malta dan juga termasuk tanaman langka karena proses propagasinya sangat sulit. Bunga ini membutuhkan hubungan simbiosis dengan jamur jenis tertentu agar bisa tumbuh. Hal itulah yang membuat bunga unik ini sulit untuk berkembang.

Selain itu, Anggrek Lebah berkembang di padang rumput tetapi mereka juga pernah ditemukan tumbuh di daerah kering dan tanah kapur.

3. Bayi Terbungkus

(foto: Oddee)

Bunga anggrek tulip berukuran kecil ini benar-benar sangat menggemaskan. Pasalnya bunga ini terlihat seperti seorang bayi yang sedang dibungkus dengan pakaian tertutup dan hanya wajahnya saja yang tampak.

Bunga lucu ini pertama kali ditemukan di Kolombia selama ekspedisi yang memakan waktu sepuluh tahun (antara 1777-1788).

Anggrek bayi ini hanya mekar pada waktu tertentu dan ketika sudah mekar bunga ini akan tampak seperti bayi mungil yang lucu. Habitat asli bunga ini berada di Amerika Selatan dan tidak terlalu sulit untuk ditemukan terutama saat musim panas.

2. Bunga Bangkai Raksasa

(foto: Oddee)

Indonesia memang menyimpan banyak keunikan hayati, selain raflesia juga terdapat bunga bangkai raksasa lainnya yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, khususnya Sumatera.

Bau bangkai menyengat yang keluar dari tumbuhan ini ditujukan untuk menarik lalat atau kumbang bangkai yang berperan sebagai penyerbuk bunga ini. Beberapa bunga bangkai jenis ini dapat tumbuh dengan tinggi yang mencapai 12 meter dan berat lebih dari 11 kg.

1. Bunga Tangan Setan

(foto: Oddee)

Entah seperti apa tangan setan itu, tetapi beberapa orang percaya bahwa bentuk bunga ini menyerupai tangan setan.

Bungan tangan setan berasal dari Meksiko, di mana suku Aztec kuno menganggap bunga ini termasuk dalam agama mereka dan suka memaneh bunga ini untuk generasi selanjutnya.

Dibalik namanya yang mengerikan, buah yang dihasilkan oleh tumbuhan ini ternyata memiliki rasa bersahaja dan telah digunakan selama berathun-tahun sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit mematikan, seperti penyakit jantung.

Labels: Flora, Unik

Thanks for reading 7 Bunga Berbentuk Paling Unik. Please share...!

Back To Top