Hal Sepele Paling Berbahaya Yang Sering Dilakukan Setelah Makan





Makan adalah atifitas rutin yang kita lakukan tiap hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut adalah hal-hal berbahaya yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan:

1. Berjalan atau Lari Setelah Makan
Berjalan atau berlari setelah makan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Aktifitas berjalan dan berlari biasanya juga melibatkan otot-otot bagian perut sehingga antar otot satu dan otot lainnya saling bersinergis untuk menimbulkan gerakan. Gerakan inilah yang mengganggu proses pencernakan makanan yang baru saja kita makan tadi.

2. Setelah Makan Langsung Tidur
Ketika kita tidur tubuh kita menjadi sangat rileks dan gerakan usus melambat. Sehingga, makanan masuk tidak bisa dicerna tubuh lebih cepat dan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan.
Dampaknya pun lumayan serius, bisa mengakibatkan rusak lambung atau radang usus.

3. Minum Teh
Setelah makan langsung minum teh, baik minum teh manis maupun teh tawar ternyata kurang baik dikarenakan daun-daun teh mengandung banyak unsur kimia karbon yang akan mempengaruhi protein yang ada pada makanan yang kita makan dan menjadikan keras sehingga sulit dicerna. 

Minum teh setelah makan, dapat mengencerkan getah lambung, akibatnya mempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh banyak mengandung tanin (asam tanat), jika minum teh seusai makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk endapan yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karena kurang zat besi.

4. Setelah Makan Langsung Mandi
Pada pagi hari, ada sebagian orang lebih memilih makan terlebih dahulu kemudian mandi dengan alasan setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat lebih besar. Sehingga Anda berpikir untuk mandi sekalian buang air besar.

Padahal menurut penelitian, mandi setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar alat pencernaan di perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan.

0 comments:

Post a Comment