Segarkan Pikiran dengan Informasi dan Rekor Unik

5 Investasi Bodong Paling Menggegerkan Dunia


Tujuan awal dari berinvestasi ialah untuk mendapatkan keuntungan, namun jika anda tidak berhati-hati dalam memilih investasi, malah sebaliknya anda akan mendpatkan keuntungan yang minus atau kerugian. Berhati-hatilah dalam memilih investasi, apalagi banyak investasi bodong yang sudah tercatat di internet yang bakalan buat kamu jadi buntung.

5 Investasi Bodong Paling Menggegerkan Dunia

Penipuan keuangan didefinisikan sebagai tindakan sengaja menipu seseorang mengenai transaksi keuangan untuk tujuan keuntungan pribadi. Kebanyakan penipuan ini umumnya dilakukan oleh para penjahat kerah putih, seperti profesional bisnis. Jadi mereka memiliki pengetahuan yang cukup dalam transaksi keuangan, dan melihat ada peluang untuk melakukan penipuan.

Berikut ini beberapa investasi bodong terbesar sepanjang masa:

Kim Woo Choong

Ia adalah pendiri Daewoo Group, seorang konglomerat besar di Korea Selatan. Tetapi, pihak berwenang percaya, Choong telah membuat penipuan keuangan tunggal terbesar di Asia ketika memiliki laporan keuangan palsu antara 1997–1998.

Laporan keuangan palsu ini menggelembungkan nilai ekuitas Daewoo sebesar US$32 miliar dari nilai sebenarnya. Saat penipuan itu terungkap, 20 orang eksekutif perusahaan tersebut dipenjara selama enam bulan. Sementara Choong melarikan diri dan pergi ke Perancis.

Ia kemudian ditangkap oleh pihak berwenang ketika kembali ke Korea Selatan pada 2005. Ia dijatuhi hukuman sepuluh tahun penjara atas kejahatan penipuan sebesar US$22 miliar. Choong juga didaulat untuk membayar denda US$10.600.

Charles Ponzi

Tokoh ini cukup popular dalam masalah investasi bodong. Bahkan, skema yang diciptakannya masih sering dipakai untuk menjalankan penipuan investasi dan dikenal sebagai skema ponzi. Namun, siapa sebenarnya Ponzi? Lahir di keluarga sederhana dan serba kekurangan, membentuk jiwa dan pemikiran Charles Ponzi untuk selalu gesit melihat peluang yang mampu menghasilkan uang.

Ponzi bekerja menjadi petugas pos di tanah kelahirannya Italia, dan merupakan sosok pintar yang pernah mengenyam pendidikan di salah satu universitas besar di Italia yaitu University of Rome La Sapienza. Keinginannya untuk menjadi cepat kaya membuat dirinya menciptakan skema investasi pada tahun 1920 di Amerika yang menipu banyak orang.

Ketika itu, dikenal sebuah kupon khusus yang dapat diperjualbelikan sebagai pengganti perangko di seluruh dunia. Karena berlaku di seluruh dunia, maka kupon tersebut menjadi komoditas yang menjanjikan untuk dijual. Ia memanfaatkan kesempatan untuk menawarkan 50 persen keuntungan dalam waktu 45 hari dan 100 persen keuntungan selama 90 hari untuk seseorang yang menanamkan investasi pada kupon yang dijualnya.

Mengapa orang-orang percaya? Sebab, ia beralasan harga kupon di satu negara, berbeda dengan negara lainnya. Di situlah margin keuntungan ditawarkan kepada investor oleh Ponzi. Masyarakat pun tertarik dengan investasi yang ditawarkan oleh Ponzi. Selama beberapa hari, ia berhasil mendapatkan ribuan dollar.

Meskipun ternyata ia menggunakan uang dari investor terbaru untuk membayar investasi dari investor sebelumnya setelah 90 hari berselang. Atas penipuan ini, Ponzi pun harus menghabiskan total 17 tahun penjara, dan dideportasi kembali ke Italia.

Kweku Adoboli

Warga negara Ghani dan lulusan dari Universitas Nottingham ini dianggap sebagai pegawai penting dari perusahaan investasi UBS British. Namun, Kweku Adoboli menciptakan transaksi fiktif yang melebihi batas perdagangan yang dibolehkan oleh otoritas bursa London.

Kegiatannya meliputi investasi dalam perdagangan tidak sah sebesar US$2,3 miliar. Bahkan, selama bertugas di UBS, Adoboli telah memanipulasi catatan keuangan dan menyembunyikan semua kerugiannya. Dengan kerugian lebih dari £1,5 miliar, angka ini menjadi penipuan terbesar dalam sejarah Inggris.

Mark Dreier

Mark Dreier merupakan seorang pengacara populer yang menjual surat berharga fiktif untuk melindungi nilai dana dan klien kaya lainnya. Ia menciptakan dokumen palsu untuk meyakinkan nasabahnya, saham yang dijualnya adalah nyata. Selanjutnya, ia akan menggelapkan uang untuk kepentingan pribadi. Dreier tertangkap pada 2008 atas transaksi ilegalnya.

Dari hasil penyelidikan, Dreier diperkirakan telah melakukan penipuan mencapai US$400 juta. Ia pun dihukum 20 tahun penjara.

Barry Minkow

Sebelumnya, Barry Minkow memulai perusahaan restorasi karpet bernama ZZZZ ketika berusia 21 tahun. Bahkan, ia cukup populer saat itu dan pernah menjadi tamu di Oprah Winfrey Show. Penipuannya berawal dari pernyataannya yang mengungkapkan, nilai bisnis karpetnya sekitar US$110 juta ketika memasuki pasar saham. Padahal, 86 persen aset dari perusahaan itu semuanya tidak ada.

Dengan memakai motif bisnis skema Ponzi, penipuannya terungkap ketika salah satu kliennya menemukan kebohongan yang dibuat Minkow. Ia juga divonis melakukan penipuan kartu kredit guna menipu investor sebesar US$100 juta. Ia pun divonis hukuman 25 tahun penjara, dan dibebaskan setelah tujuh tahun. Sempat menjadi seorang pendeta, Minkow juga didakwa lagi dengan kasus manipulasi dan kecurangan saham di San Diego Community Bible sebesar US$3 juta dolar.

Itulah lima investasi bodong yang menjadi legendaris di dunia, amin menyarankan untuk berhati-hati dengan investasi yang serupa dengan lima invesatsi di atas. Bijaklah dalam berinvestasi.

Labels: Buruk, Fakta

Thanks for reading 5 Investasi Bodong Paling Menggegerkan Dunia. Please share...!

Back To Top