7 Geng Suporter Paling Berbahaya di Inggris



Di balik hingar bingar kompetisi Liga Inggris, ada sisi negatif sepakbola Inggris. Ya, paham holiganisme yang masih kental di Inggris, kerap kali menjadi masalah serius bagi dunia sepakbola Inggris.

Aksi anarkis yang dilakukan oleh para suporter, seringkali menimbulkan banyak kerugian. Mulai dari fasilitas stadion, fasilitas umun, bahkan hingga menelan korban jiwa.

Bentrokan antarsuporter dua tim yang saling bertanding, seringkali merugikan banyak pihak. Tak ayal, pihak kepolisian Inggris, dibuat pusing oleh ulah para suporter garis keras ini.

Diambil dari berbagai sumber, tercatat ada tujuh geng suporter yang paling berbahaya yang ada di Inggris. Dua di antaranya adalah suporter dari klub elit Inggris, Chelsea dan Manchester United.

1. Millwall Bushwackers (Millwall FC)



Meski hanya berada di kasta ketiga Liga Inggris (Divisi Dua), Millwall FC punya suporter yang begitu fanatik dan sangat mencintai klub asal London Tenggara ini.

Millwall Bushwackers, inilah nama geng suporter Millwall yang terkenal garang. Geng yang diperkirakan terbentuk era 80an ini kerap kali terlibat pertumpahan darah dengan beberapa suporter tim lain. Tahun 2001, beberapa anggota geng ini jadi tersangka kasus pembacokan dan penusukan terhadap suporter Wolverhampton.

2. Birmingham Zulus (Birmingham City)



Hampir sama dengan Millwall, Birmingham Zulus juga punya fanatisme berlebih terhadap klub kesayangannya, Birmingham City. Diperkirakan berdiri sekitar akhir 70an, Birmingham Zulu juga tak kalah anarkis dengan Millwall Bushwackers.

Tahun 2006, sekitar 200 orang anggota Birmingham Zulus merobohkan pagar pembatas dan bentrok dengan suporter Stoke City. Kala itu, kedua tim bertemu di ajang Piala FA. Seorang perwira polisi, bahkan menjadi korban keganasan Birmingham Zulus.

3. Aston Villa Hardcore (Aston Villa)



Satu geng lainnya yang berbahaya dari kota Birmingham adalah Aston Villa Hardcore. Dari namanya, geng ini jelas mendukung penuh setiap pertandingan klub Premier League, Aston Villa.

Serikali bentrok dengan suporter rival sekota, Birmingham City, Aston Villa Hardcore, atau lebih dikenal sebagai The Villains, juga pernah terlibat bentrokan yang menyebabkan kematian. Tahun 2004, The Villains terlibat bentrok dengan suporter Queens Park Rangers, dan menyebabkan seorang pria yang berprofesi sebagai pramugara tewas.

4. Inter City Firm (West Ham United)



Mungkin Inter City Firm (ICF) adalah geng suporter yang paling tersohor di dunia. Meski tak ada data korban meninggal yang diakibatkan oleh geng ini, namun Inter ICF begitu dikenal karena aksi anarkis dan brutalnya. Kisah Inter City Firm bahkan menginspirasi sebuah film berjudul Green Street Hooligan, yang dirilis tahun 2005. Film tersebut mengisahkan tentang betapa berbahaya aksi geng ini.

5. 6.57 Crew (Portsmouth)



Nama geng ini diambil dari waktu keberangkatan kereta di kota London. 6.57 Crew merupakan suporter garis keras klub yang kini berada di divisi tiga (League Two), Portsmouth FC.

Tahun 2007, 93 orang anggota geng ini ditangkap akibat terlibat bentrok dengan suporter Southampton. Termasuk, di dalamnya anak-anak berusia 10 tahun. Tahun 2006, lebih dari 100 orang geng ini dilarang masuk ke Jerman, untuk mendukung Inggris di ajang Piala Dunia.

6. Red Army (Manchester United)



Berdiri sekitar pertengahan 70an, saat Manchester United terdegradasi ke Divisi Satu (Championship) musim 1973/1974. Kekecewaan yang dialami para suporter, menimbulkan aksi anarkis yang melibatkan Red Army dengan ICF. Bentrokan ini diabadikan dalam sebuah film dokumenter tahun 1985.

7. Chelsea Headhunters (Chelsea)



Tim papan atas yang punya suporter garis keras selain MU adalah Chelsea. Chelsea Headhunters, salah satu geng suporter yang paling sadis yang ada di Inggris.

Salah seorang anggota geng ini bernama Kevin Whitton, dijatuhi hukuman seumur hidup pada 1985. Whitton terlibat pengerusakan sebuah bar dan menyebabkan seorang warga Amerika Serikat tewas. Geng ini juga diduga berafiliasi dengan gerakan neo-Nazi dan organisasi rasis, National Front dan Combat Paramiliter.

Labels: Olahraga

Thanks for reading 7 Geng Suporter Paling Berbahaya di Inggris. Please share...!

0 Comment for "7 Geng Suporter Paling Berbahaya di Inggris"

Back To Top