Kompleks Pemakaman Paling Luas di Dunia



Sebuah kompleks pemakaman yang ada di Irak ini disebut-sebut sebagai kompleks pemakaman terluas di dunia. Bagaimana tidak, kompleks pemakaman yang dikenal dengan nama Wadi Al-Salaam ini mempunyai luas 1.485,5 hektar. Dengan luas seperti itu, pemakaman ini telah menampung jutaan jasad manusia.


Kompleks pemakaman ini juga dikenal dengan nama Lembah Kedamaian. Kompleks pemakaman ini terletak di Kota Najaf, Irak, sebuah kota yang dihuni sekitar kurang lebih 600.000 jiwa. Karena adanya kompleks pemakaman terluas tersebut, Kota Najaf mendapatkan julukan Kota Orang Mati. Uniknya, tak hanya luas, kompleks pemakaman Wadi Al-Salaam ini juga merupakan kompleks pemakaman tertua yang masih digunakan hingga kini. Kompleks pemakaman ini sudah ada sejak 1.400 tahun yang lalu.

Banyak kisah-kisah menarik seputar makam tua nan luas ini. Beberapa warga meyakini bahwa banyak raja-raja, sultan, atau bangsawan-bangsawan yang dikuburkan di makam ini. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa Nabi Hud, Nabi Saleh sampai sahabat sekaligus menantu Nabi SAW, Ali bin Abi Thalib juga dimakamkan di Wadi Al-Salaam ini.

Pemakaman ini juga mempunyai makam-makam bawah tanah, dengan jalur-jalur yang berliku-liku. Pada Perang Irak tahun 2003 lalu, tentara Irak menggunakan lorong-lorong bawah tanah yang ada di makam ini sebagai tempat persembunyian. Namun akibatnya, beberapa bagian dari makam ini hancur. Namun uniknya, luas makam ini malah terus bertambah.

0 comments:

Post a Comment