Pasukan Paling Kuat di Asia Tenggara


Global Firepower (GFP), situs analisis kekuatan militer dunia merilis peringkat terbaru kekuatan ketentaraan negara-negara di dunia. TNI menjadi yang terkuat di Asia Tenggara.

Penentuan kekuatan ketentaraan dunia itu bukan sembarangan. GFP menggunakan sedikitnya 50 indikator untuk menentukan indeks kekuatan masing-masing negara (power index score-PwrIndx). Indikator tersebut antara lain; geografis, populasi, personel militer, anggaran militer, peralatan tempur, hingga utang luar negeri negara tersebut.

Meski Indonesia memiliki utang luar negeri yang besar, namun akumulasi 50 indikator tetap menempatkan TNI sebagai paling perkasa di Asia Tenggara, dan terkuat ke-6 di Asia, serta terkuat ke-12 di dunia dengan power indeks 0.5231. (lihat kekuatan TNI versi GFP di: http://www.globalfirepower.com/country-military-strength-detail.asp?country_id=indonesia)

Lalu siapa nomor satu? Tentu saja tentara dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Amerika menjadi yang pertama dari 126 negara dengan power indeks 0.1661.

Di bawah AS, ada Rusia dengan power indeks 0.1865, lalu Tiongkok dengan power indeks 0.2315. (Selengkapnya buka: http://www.globalfirepower.com/countries-listing.asp).

Sementara di Asia, Tiongkok menjadi yang terkuat disusul India, Korea Selatan, Jepang, Turki, dan Indonesia.

Di Asia Tenggara, Merah Putih paling berkibar. Diikuti Thailand, yang sekaligus menempati peringkat 20 dunia dengan power indeks 0.6833.

GFP mengingatkan, data atau hasil perhitungan mereka ini bertujuan sebagai sajian pandangan seputar potensi kekuatan militer konvensional dari suatu negara, yang tentu saja bisa menimbulkan perdebatan.

Labels: Fakta

Thanks for reading Pasukan Paling Kuat di Asia Tenggara. Please share...!

0 Comment for "Pasukan Paling Kuat di Asia Tenggara"

Back To Top